Rabu, 08 Jul 2020

Polisi Periksa 8 Orang Terkait Kebakaran Medan Plaza

*Kebakaran Api Masih Terjadi, Medan Plaza Jadi Tontonan Warga
Senin, 24 Agustus 2015 11:00 WIB
SIB/Saut Parsaulian Sihombing
Sejumlah warga menyaksikan Pusat Perbelanjaan Medan Plaza Jalan Iskandar Muda Medan, yang hangus terbakar, Minggu (23/8).
Medan (SIB)- Tim gabungan terdiri dari Polda, Polresta dan Polsek Medan Baru, masih terus  melakukan penyelidikan intensif terkait peristiwa kebakaran Medan Plaza di Jalan Iskandar Muda, Medan.

"Saat ini delapan orang diperiksa termasuk petugas sekuriti. Ke depan, pihak manajemen juga akan kita mintai keterangannya soal standar gedung," kata Kasat Reskrim Polresta Medan, Kompol Aldi Subartono, Minggu (23/8) sore. Disinggung kemungkinan ada unsur kesengajaan dalam peristiwa kebakaran itu, Aldi mengaku dugaan itu akan diselidiki. "Kami akan selidiki, apakah ada unsur kesengajaan," tegasnya.

Menurutnya, Senin Labfor Polda Sumut akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) sebagai upaya melengkapi pemeriksaan. "Kami belum bisa masuk lokasi karena suhu gedung masih sangat panas," kata Aldi.

Disebutkan Aldi, pihaknya telah menempatkan petugas kepolisian dari Polsek Medan Baru berjaga-jaga di lokasi guna mengantisipasi berbagai hal termasuk penjarahan sisa-sisa barang di lokasi.

Hingga Minggu, polisi belum menerima laporan adanya korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kobaran Api

Pasca kebakaran hebat Pusat perbelanjaan Medan Plaza Sabtu (22/8) kemarin hingga, Minggu (23/8) masih terlihat kobaran api dari dalam ruangan gedung tersebut.

Bahkan puluhan bus pemadam kebakaran  Pemko Medan dibantu petugas masih dikerahkan untuk memadamkan sisa api yang berasal dari barang-barang toko yang ada dalam gedung.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, pihak pengelola gedung sudah memagari areal gedung tersebut dengan seng.

Petugas pemadam kebakaran tampak kesulitan memadamkan api yang berada dilantai 1 hingga 7 dan penyemprotan hanya dilakukan dari luar dengan mempergunakan tangga.

“Kita masih kesulitan untuk memadamkan sisa api yang masih ada di beberapa lantai gedung ini,” kata komandan regu Dinas Pemadam kebakaran D Sembiring kepada wartawan, Minggu (23/8).

Dari pantauan di lokasi, tak seorangpun yang bisa masuk ke dalam gedung tersebut karena masih ada sisa api dan asap yang masih mengepul di dalam gedung. Gedung Medan Plaza yang dibangun sejak tahun 1984 itu terlihat menghitam dan sekali-kali terlihat kobaran api dari dalam.

Jadi Tontonan

Pasca terbakarnya Pusat Perbelanjaan Medan Plaza Centre di Jalan Iskandar Muda Medan, gedung tua tersebut menjadi tontonan warga, Minggu (23/8) sore.

Dari pantauan, pejalan kaki dan pengendara motor menyempatkan diri berhenti untuk melihat gedung yang telah berubah menjadi warna hitam. Bahkan sejumlah pengendara mobil sengaja membawa keluarga hanya karena ingin menyaksikan gedung itu langsung dari dekat.

Ketika dijumpai, seorang warga Nurhayati (35) warga Jalan Damar Simalingkar, mengatakan, ia sengaja membawa keluarganya melihat gedung Medan Plaza ini. "Saya penasaran, kemarin kami hanya lihat tayangannya di televisi. Kebetulan ini kan hari libur, jadi saya sempatkan melihatnya, rupanya ngeri juga melihat dari dekat, bisa hangus semua," terangnya.

Sementara itu, sepasang suami isteri yang mengendarai sepedamotor sengaja menghentikan kendaraannya di depan gedung Medan Plaza.

"Sengaja singgah sebentar untuk melihat ini, kemarin tidak sempat karena kerja," jelas dia.

Selain itu, dari pantauan, sejumlah petugas kepolisian dibantu petugas securiti gedung terlihat berjaga di empat pintu masuk guna mengantisipasi masuknya warga melihat gedung tersebut. Selain itu, pihak kepolisian juga memasang garis polisi di sekeliling gedung itu. (A10/A13/Dik-SPS/y)






T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments