Rabu, 13 Nov 2019

Pesta Guro-guro Aron Masyarakat Karo Deliserdang Meriah

admin Minggu, 03 Februari 2019 16:54 WIB
SIB/dok
DISAMBUT: Wabup Deliserdang Zainuddin Mars bersama Kadis Kominfo Haris B Ginting dan lainnya disambut penari perkolong-kolong dalam pesta Guro-guro Aron di Lubukpakam, Jumat (1/2).
Lubukpakam (SIB)- Untuk meningkatkan silahturahmi masyarakat ekbis Karo di Kabupaten Deliserdang, meng gelar pesta hiburan rakyat "Gendang Guro-guro Aron" yang diprakarsai Pemuda Merga Silima (PMS), Jumat (1/2) di Open Stage, Lubukpakam.

Pesta turut dihadiri Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars, Kapolres Deliserdang AKBP Eddy S Tarigan, Dandim 0204/DS Letkol (Kav) Syamsul Arifin, Kadis Kominfo Haris B Ginting, Ketua DPP PMS Mbelin Sembiring Brahmana, Ketua DPD PMS ML Bangun dan masyarakat Karo.

Sementera untuk memeriahkan, hadir perkolong-kolong Rimta Ginting, Sabrina Sitepu, Batwin Ginting dan Faisal Tarigan serta bintang tamu Jusuf Bangun dan Tah Polnang.

Dalam sambutannya, Wabup mengajak semua pihak harus bersyukur karena Deliserdang memiliki keragaman budaya yang merupakan sebuah kekuatan. Menurutnya, pesta Guro-guro sebagai salah satu bentuk tradisi masyarakat Karo yang rutin dilakukan, untuk saling mengenal dan lebih mempererat jalinan persaudaraan.

Untuk itu tutur Wabup, pesta itu hendaknya sebagai upaya pembinaan seni budaya secara berkesinambungan sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap budaya. "Saya harapa lewat pesta ini, masyarakat Karo di Deliserdang harus saling memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa terlebih dalam menyukseskan pesta rakyat 17 April mendatang," pinta Zainuddin.

Sementara Kapolres menyampaikan terima-kasinya kepada Pemkab Deliserang yang telah mendukung terlaksananya pesta hiburan rakyat itu.

Ia berharap pesta itu dapat memperkokoh kebersamaan dan melestarikan hasanah budaya bangsa, khususnya kesenian masyarakat Karo bagi pembangunan bangsa.

Menurutnya, bangsa Indonesia dihuni berbagai suku dan agama yang selama ini hidup rukun dan damai. Karena masih tingginya sifat saling toleransi dan menghargai perbedaan seperti khususnya di Deliserdang.

"Sifat ini harus kita pertahankan terlebih dalam menghadapi pesta demokrasi, Pilpres dan Pileg yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Untuk beritaberita yang tidak jelas sumbernya seperti menyebarkan isu agama dan membuat ujaran kebencian, kita harus tegas menghindarinya," ajak Eddy. (rel/C06/l)
T#gs Pesta Guro-guro Aron Masyarakat Karo Deliserdang Meriah
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments