Rabu, 13 Nov 2019

Pesta Gotilon HKBP Depok I, Jabar Meriah

bantors Rabu, 16 Oktober 2019 18:10 WIB
SIB/J 01
FOTO BERSAMA: Penyanyi senior Viktor Hutabarat (7 dari kiri/barisan pertama berdiri) foto bersama dengan Parhalado dan Panitia Pesta Gotilon. Nampak, antara lain, Pendeta Resot Pdt Nekson M Simanjuntak (6 dari kiri), Ketua Panitia St Sudirman Nainggolan (5 dari kiri) dan Saidun Sinaga (8 dari kiri/tokoh peneua HKBP Depok I).
Jakarta (SIB) -Pesta Gotilon HKBP Depok 1, Jabar hari Minggu, 13 Oktober 2019 berlangsung meriah dan semarak. Acara yang digelar di dalam kompleks gereja dimulai jam 07.00 wib dan berakhir jam 20.00 wib dihadiri sekitar 2500 orang jemaat meliputi anak-anak, remaja /muda mudi, kaum ibu dan bapak serta Lansia (lanjut usia).

Juga hadir tamu khusus dari Jerman yaitu keluarga Rev Johannes Ditthard, Ruth Ditthard dan Hildegard Ditthard yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Pesta Gotilon dengan tema "Bergembira dan Bersukacitalah Dihadapan Allah", itu berkaitan dengan Rencana Induk Pengembangan Pelayanan - RIPP HKBP Depok 1 tahun 2018-2027 dan menjadikan Pesta Gotilon sebagai agenda tahunan sekaligus menjalin kebersamaan bagi seluruh jemaat yang sedang menyongsong 50 Tahun HKBP Depok 1 Tahun 2027.

Ketua Umum Panitia St Sudirman Nainggolan nyampaikan terima-kasih kepada seluruh jemaat, dan parhalado atas partisipasi dan dukungan sehingga acara bisa berjalan lancar dan sukses.

Pendeta Resort Pdt Nekson M Simanjuntak menekankan bahwa Pesta Gotilon merupakan sukacita bersama yang dibingkai dalam bentuk pembinaan dan kebersamaan seluruh jemaat dari anak-anak hingga lansia.

"Melalui Pesta Gotilon jemaat sama-sama bersukacita dan bersyukur atas berkat dan kasih karunia yang diperoleh dari Tuhan dan sekaligus mendoakan rencana dan harapan ke depan", kata Pdt Nekson Simanjuntak.

Dia menambahkan, tahun lalu prioritas Lansia yang mengisi acara, pada tahun ini ada pesta martumba untuk perempuan, sedangkan tahun berikutnya akan diprioritaskan untuk pembinaan remaja - pemuda.

Para jemaat menikmati ibadah diiringi musik modern dan musik Batak Toba oleh Tim Musik HKBP Depok 1. Liturgist dipimpin oleh Pdt Nekson M Simanjuntak, Pdt Juliana Zai dan Pdt Arit Tambunan.

Sedangkan Kotbah dilayani atau dibawakan Pdt Janter Tambunan dengan mengutip Mazmur 25:8-15 yang menekankan bersukacita dan bahagialah orang yang berjalan di jalan Tuhan.

Pdt Janter Tambunan mengemukakan, Pesta Gotilon dirayakan masyarakat di berbagai belahan dunia seperti di Amerika Serikat yang dikenal dengan "Thanks Giving Day".

Hal yang hampir sama juga dilakukan di Brazil, Canada, Jerman dengan istilah yang berbeda-beda namun tujuannya sama yakni bersyukur atas anugerah Tuhan karena dapat menikmati hasil pekerjaan dan diwujudkan dalam bentuk kasih yang nyata membantu sesama.

Seksi Acara yang diketuai oleh Elseria br Simbolon diisi dan dirangkai dengan berbagai kegiatan seperti martumba tortor Sekolah Minggu, tortor Kategorial Lansia, Parompuan dan Ama serta Tortor Kelompok.

Dalam tortor antar kelompok, penampilan Landas Aritonang/br Siahaan, sangat menarik sehingga mendapat perhatian khusus. Saat menari untuk menyampaikan "Silua" (tali kasih) dari kelompoknya, meskipun tubuhnya agak pendek, namun mampu menari khas, sampai badannya seakan meliuk liuk.

Dalam acara hiburan tampil penyanyi kondang Viktor Hutabarat dan melantunkan beberapa lagu pujian dan lagu-lagu Batak Toba yang sangat populer di kalangan orang Batak.

Seluruh persembahan yang terkumpul dan dicatat oleh Seksi Dana yang dikomandoi Hisar Sinurat, mencapai Rp 917 juta lebih. Donasi paling besar diberikan oleh Saibun Sinaga/br Silaen, sebanyak Rp 75 juta.

Pesta Gotilon tahun 2019 ini benar-benar merupakan sukacita karena berbagai anugerah yang telah diterima oleh jemaat melalui kebersamaan termasuk sumbangan spontanitas berbagai hadiah doorprize berupa satu unit sepeda motor, sepeda gunung, kulkas, mesin suci, HP dan lain sebagainya. (J01/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments