Kamis, 06 Agu 2020

Pesta Budaya Luhutan Bolon-38 Dihadiri 4 Jenderal dan 15.000-an Massa

* Asner Silalahi Ketua Pertama Pomparan Raja Silahisabungan se-Indonesia/Dunia
Kamis, 22 November 2018 11:51 WIB
SIB/Frans Sihombing
JENDERAL SILALAHI: Empat Jenderal dari kalangan sesepuh atau penasehat Pomparan Raja Silahisabungan : Mayjen Pol (Purn) Jhonson Sihaloho, Letjen TNI (Purn) TB Silalahi, Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi dan Mayjen TNI (Purn) Haposan Silalahi ketika tampil b
Medan (SIB) -Perayaan Pesta Budaya Luhutan Bolon ke-38 dan syukuran keluarga besar keturunan atau pomparan Raja Silahisabungan se-Indonesia yang berlangsung tiga hari berturut-turut 16 hingga 18 November pekan lalu, disebut berlangsung luar biasa meriah di kompleks Tugu Silahisabungan di Desa Silahinabolak, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi.

Sesepuh dan Penasehat Pomparan Raja Silahisangan se-Indonesia/Dunia (PRSID) Mayjen TNI (Purn) Haposan Silalahi menyebutkan, setidaknya ada empat hal yang menunjukkan kesuksesan luar biasa acara pesta budaya Luhutan Bolon ke-8 tersebut yaitu kehadiran empat jenderal dari keturunan Raja Silahisabungan yang pertama kalinya hadir bersama. Kemudian kehadiran 15.000 peserta dan undangan dari Sumut dan provinsi lain seperti DKI Jakarta/Jabodetabek, Riau-Jambi, NAD/Aceh Tenggara, plus anggota rumun marga dari belasan daerah se-Sumut. Selanjutnya penampilan sejumlah atraksi seni budaya yang melibatkan seluruh generasi muda (naposo bulung) PRSID dari lima kota di Indonesia dan pemberangkatan 23 calon legislatif putra-putri PRSID dari lintas partai.

"Pesta Budaya dan Partangiangan Luhutan Bolon ke-38 Pomparan Raja Silahisabungan ini tak hanya luar biasa meriah, tapi juga menjadi momen bersejarah karena untuk pertama kalinya semua penasehat atau sesepuhnya bisa hadir bersama-sama setelah 37 kali berpesta. Orang pertama yang menggagasi pembangunan Tugu Silahisabungan, Dr Mangara Silalahi, ini juga hadir walau dengan kursi roda. Inilah wujud kepedulian dan kualitas pemimpin organisasi atau punguan yang sepenuh hati (mangalehon roha)," ujar Haposan Silalahi kepada pers di sela-sela acara tersebut, Minggu (18/11).

Sesepuh atau penasehat yang hadir itu adalah Letjen TNI (Purn) TB Silalahi, mantan Men-PAN era Presiden Soeharto dan Wantimpres di era Presiden SBY, Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi Menseskab era Presiden SBY, Mayjen TNI (Purn) Haposan Silalahi (Pati Mabes TNI, mantan Asops Kodam II/BB) dan Mayjen Pol (Purn) Johnson Sihaloho. Hadir juga anggota DPR RI Dr Ir Nurdin Tampubolon MSc selaku 'haha doli' dan anggota DPR RI Dr Hinca Panjaitan SH selaku boru-bere.

TB Silalahi secara khusus juga memerkenalkan salah satu putra PRSID yang dinilai berhasil dalam karirnya saat ini, yaitu Kolonel TNI Firman Silalahi, komandan salah satu batalyon brigade infantri di Pulau Jawa, yang sedang diprediksikan akan menempati satu posisi sebagai komandan Korem di satu wilayah, dan kiranya didoakan para keluarga besar Silahisabungan agar kelak bisa menjabat Kasdam. Dari kalangan undangan, hadir antara lain Edy Keleng Ate Berutu bupati terpilih Kabupaten Dairi.

Ketika memaparkan kata sambutan secara bergantian, TB Silalahi maupun Haposan Silalahi dan Sudi Silalahi serta Johnson Sihaloho, hampir senada mencetuskan kebanggan dan apresiasinya atas pelaksanaan Pesta Luhutan Bolon ke-38 tersebut. Apresiasi dan kebanggaan itu meliputi solidarirtas dan kekompakan keluarga besar PRSID selama dipimpin Asner Silalahi sehingga dihadiri lengkap oleh seluruh atau delapan unsur marga Silahisabungan yaitu Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja dan Tambun Raja.

"Panitianya luar biasa, kekompakan delapan Raja Turpuknya luar biasa, musyawarahnya tadi malam (Sabtu 17/11) juga luar biasa demokratis dengan kesepakatan ketiga kandidat calon ketua menjadi sama -sama pengurus inti, dan punguan Silahisabungan ini akhirnya menjadi kelas dunia, atau Pomparan Raja Silahisabungan se-Indonesia dan Dunia," ujar TB Silalahi, yang disambut tepuk tangan riuh peserta pesta.

Ketiga pengurus inti tersebut adalah Ir Asner Silalahi MT yang terpilih kembali memimpin PRSID periode 2018-2013 dengan perolehan 9 suara, Pirmauli Silalahi empat suara dan ditetapkan sebagai Sekjen, dan Simon Situngkir tiga suara yang langsung menjadi bendahara umum.

Selama tiga hari berturut, pelaksanaan Pesta Budaya Luhutan Bolon ke-38 PRSID diisi dengan aksi bakti sosial, perlombaan dan hiburan melibatkan sekolah setempat, parade seni tari Tortor, ziarah massasl, retreat dan kebaktian oukimene dipimpin Pendeta Dr Monang Silalahi STh, dan acara puncak berupa sesi adat restu dari ketiga pihak hula-hula: Padang Batanghari dari Pakpak-Dairi, Nairasaon dari Tapanuli dan Siboro dari Kutacane-Aceh Tenggara. (A04/h)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments