Kamis, 24 Sep 2020

Silaturahmi Akbar BM3 di Medan

Peran Warga Minang Diakui Ikut Gerakkan Ekonomi Sumut

Selasa, 22 September 2015 12:04 WIB
SIB/Dok
Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi bersalaman dengan Ketua Umum BM3 Sumut Syahrudin Ali, disaksikan pejabat lainnya dalam cara silaturrahmi akbar BM3 di Hotel Grand Angkasa Medan, Minggu (20/9) malam.
Medan (SIB)- Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM3) diharapkan bersinergi dengan Pemprov Sumut dalam upaya menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Sumut. Harapan itu disampaikan Plt Gubsu  Erry Nuradi dalam acara silaturahmi akbar BM3 di Hotel Grand Angkasa Medan, Minggu (20/9) malam.

Hadir dalam acara itu Anggota DPR RI Nasril Bahar,  Anggota DPD RI, Dedi Iskandar Batubara, Kepala Biro Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) M Yamin,  Ketua Umum BM3 Sumut Syahruddin Ali dan anggota BM3 dari sejumlah kabupaten/kota di Sumut, serta undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry Nuradi menyatakan, peran dan partisipasi masyarakat Minang sangat besar menggerakkan denyut perekonomian di Sumut. “Seperti pepatah, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Orang Minang perantau itu mampu berbaur dengan masyarakat tempat ia bermukim. Melebur menjadi satu kemudian membangun usaha mandiri,” pujinya.

 Selain itu, “urang awak’ memiliki kemampuan dalam bidang perdagangan. Tidak gengsi dalam membangun hidup di perantauan. “Sejak lama orang Minang sudah dikenal sebagai perantau yang tangguh dan ulet. Mereka merantau hampir ke seluruh penjuru nusantara. Bahkan banyak juga mengadu nasib sampai ke luar negeri. Mereka pandai berdagang dan pintar berbisnis. Ketangguhan orang Minang pantas menjadi teladan bagi semua masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Geliat ekonomi tersebut, berpengaruh positif mendorong pembangunan suatu daerah. Seperti halnya di Sumut, masyarakat Minang diharapkan terus memberikan kontribusi memicu perkembangan perekonomian. “Sejarah membuktikan, di mana ada orang Minang, di situ pula denyut kegiatan ekonomi muncul dan berkembang. Kehadiran orang Minang di Sumut memberikan warna tersendiri bagi masyarakat Sumut. Baik bidang perdagangan maupun khasanah budaya,” sebutnya.

Dia  juga mengakui, perantau Minang di Sumut tidak saja menonjol dalam bidang perdagangan semata, tetapi telah merambah di seluruh lini bisnis lain, termasuk bidang pendidikan. Wajar jika perantau Minang secara merata mendiami kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Pekanbaru, Medan, Batam, Palembang, Surabaya dan kota lainnya. “Saya berharap, BM3 sebagai salah satu wadah orang Minang, terus mendukung pembangunan perekonomian Sumut. Salah satunya dengan membuka lapangan pekerjaan dalam upaya menekan angka pengangguran," katanya.

Sementara Ketua BM3 Sumut, Syahruddin Ali mengatakan, BM3 adalah wadah dan sarana pemersatu bagi masyarakat Minang perantau di Sumut. Acara Baralek Gadang (pesta besar) merupakan gagasan perantau Minang Sumut. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengobati kerinduan parantau akan kampung halaman, terutama bagi yang telah lama tidak pulang kampung akibat kesibukan pekerjaan dan lain sebagainya,” jelasnya. (A14/f)





T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments