Senin, 17 Feb 2020
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Penumpang Lebih Suka Gunakan Jasa Pekerja Travel Ketimbang Petugas PT APS di Bandara Kualanamu

Penumpang Lebih Suka Gunakan Jasa Pekerja Travel Ketimbang Petugas PT APS di Bandara Kualanamu

Jumat, 14 Februari 2020 12:18 WIB
mediasumutku.com

Ilustrasi

Kualanamu (SIB)
Penumpang di Kualanamu International Airport (KNIA) Deliserdang kini lebih banyak dilayani kelompok yang mengaku pekerja perusahaan agen travel ketimbang petugas PT Angkasa Pura Solusi (APS) dalam memroses pendaftaran atau check-in tiket, ternasuk membawa bagasinya dengan troli. Padahal, kelompok yang mengaku-ngaku bekerja di agen travel itu sudah berulang kali diamankan sekuriti PT Angkasa Pura II, tapi masih tetap beraksi.

Pantauan SIB, baru-baru ini, kelompok itu tampak bebas berkeliaran membawa barang bagasi penumpang menggunakan kereta troli yang disiapkan di Bandara Kualanamu.Bahkan mereka bisa ikut antre berbaris bersama penumpang lain di konter check- in tiket maskapai keberangkatan penumpang.

Memang banyak juga penumpang lebih senang dilayani kelompok pekerja agen travel itu ketimbang berurusan langsung dengan petugas concierge express.

Kalau penumpang dilayani petugas concierge express itu dalam memproses check- in tiket dan membawa bagasinya, nembutuhkan waktu yang lama.Pasalnya,penumpang itu harus menyelesaikan proses administrasinya di meja kerja concierge express PT APS yang berlokasi di dekat pengumpulan kereta atau troli di terminal keberangkatan penumpang.

PT APS mulai mengelola concierge express di Bandara Kualanamu sejak bulan Desember 2019 lalu dengan merekrut sembilan pekerja ditambah dua supervisor.

Para penumpang yang membutuhkan bantuan membawa tiga koli bagasinya ke area check-in dengan troli, dikenakan biaya Rp 35.000 dan kalau lebih dikenakan biaya lagi Rp 5.000 setiap satu koli.

Namun petugas concierge express PT APS itu tetap memberikan tanda bukti pembayaran kepada penumpang yang dilayani.
Sejak Bandara Kualanamu beroperasi pada Juli 2013 menggantikan Bandara Polonia Medan, pihak PT Angkasa Pura II berkomitmen meniadakan Porter membawa bagasi penumpang.

Namun pada Desember 2019 lalu, PT Angkasa Pura Solusi yang merupakan anak perusahaan PT Angkasa Pura II itu kembali menerapkan pelayanan mengurus bagasi penumpang. (M22/c)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments