Sabtu, 06 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

Penertiban Pedagang Pusat Pasar Ricuh, 12 Anggota Satpol PP Luka-Luka

Selasa, 16 Juni 2015 09:58 WIB
Medan (SIB)- Penertiban pedagang di Pasar Pusat Pasar Medan yang dilakukan petugas Satpol-PP Kota Medan dibantu oleh Anggota Sabhara Polresta Medan dan TNI berakhir ricuh, Senin (15/6) pagi. Akibat bentrokan itu,12 anggota Satpol PP mengalami luka-luka.

Sebelum terjadinya bentrokan, petugas gabungan itu melakukan penyisiran keseluruh jalanan tempat para pedagang dimulai Sabtu (14/6) sekira pukul 23.00 WIB. Penyisiran itu dilakukan di Jalan Seram, Veteran, Bulan, dan Bintang dengan menggunakan mobil bak.

Hingga Senin (15/6) sekira pukul 03.00 WIB, petugas tidak menemukan adanya pedagang yang melakukan aktivitas bongkar muat dagangan. Saat penyisiran itu juga petugas hanya melihat ratusan pedagang yang tersebar di berbagai jalan yang ada di Pusat Pasar Medan.

Setelah melakukan penyisiran, tiba-tiba sekira pukul 06.00 Wib, sekelompok pemuda yang membawa batu dan senjata tajam (sajam) menyerang para petugas. "Tiba-tiba kami diserang oknum yang diduga preman dengan menggunakan batu dan senjata tajam," ucap Kasat Pol PP M Sofyan kepada wartawan, Senin (15/6) siang.

Sofyan menyebutkan, dalam insiden ini 12 orang mengalami luka-luka akibat dilempar para pelaku. "Ada sekitar 12 orang yang menjadi korban termasuk saya sendiri," sebutnya.

Diserang seperti itu, kata Sofyan, sejumlah petugas Satpol PP langsung berhamburan untuk menyelamatkan diri. "Ada anggota saya yang sampai sekarang masih dirawat di Rumah Sakit Pirngadi Medan dan selebihnya sudah pulang karena luka ringan," sebutnya.

Sambung dia, pihaknya kini sudah membuat laporan tentang aksi kekerasaan tersebut di Mapolresta Medan. "Saya mewakili dari anggota yang menjadi korban sudah membuat pengaduan di Polresta Medan," ungkapnya.

Penertiban tersebut katanya merupakan proses lanjutan dari kegiatan relokasi para pedagang di lokasi Pusat Pasar Medan. "Ini merupakan kegiatan lanjutan terhadap penertiban pedagang, dimana nantinya mereka akan berjualan di Pasar Induk Lau Chi Tuntungan. Relokasi sudah dilakukan dari Maret lalu," sebutnya.

Pihaknya akan terus melakukan penertiban hingga memasuki bulan puasa sehingga nantinya para pedagang sudah berjualan di Pasar Induk. "Tidak ada kata gagal, kami dari Satpol PP akan terus melakukan penertiban terhadap pedagang di Pasar Sutomo ini," ungkapnya. (Dik-SPS/A21/y)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments