Minggu, 31 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran

Penertiban Pedagang, Satpol PP Bentrok dengan Polisi

Rabu, 17 Juni 2015 09:56 WIB
Medan (SIB)- Penertiban pedagang Pusat Pasar Medan kembali ricuh, kali ini petugas Sat Pol Pamong Praja (PP) Kota Medan bentrok dengan sejumlah petugas Sat Sabhara Polresta Medan, Selasa (16/6) pagi.

Menurut informasi yang diperoleh, Selasa (16/6) siang, kekisruhan yang terjadi antara sejumlah personel Polisi dan Sat Pol PP tersebut bermula dari upaya pihak kepolisian mengamankan sejumlah pedagang yang melakukan perlawanan saat upaya relokasi kembali dilakukan, Selasa (16/6) pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Di saat bersamaan sejumlah personil Sat Pol PP yang diduga emosi atas peristiwa penyerangan yang dialami beberapa personelnya Senin (15/6), kemudian langsung berusaha menghakimi sejumlah pedagang yang diamankan.

Aksi main hakim sendiri personil Satpol PP terhadap para pedagang tersebut membuat petugas kepolisian kewalahan hingga akhirnya tersulut emosi dan terlibat ketegangan dengan personil Sat Pol PP yang ada di lokasi. Usai terlibat cekcok mulut, kedua belah pihak bahkan terlibat bentrokan fisik dan saling pukul di lokasi kejadian. Beruntung aksi baku hantam tersebut tak berlangsung lama tanpa mengakibatkan korban luka.

Kasat Sabhara Polresta Medan, Kompol AA Rangkuti ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan, membantah adanya bentrokan antara Satpol PP dan kepolisian. "Bukan bentrok, cuma ketegangan biasa. Namanya bunga-bunga di lapangan," kilahnya.

Sambung dia, sejumlah personel Sat Pol PP yang emosi dengan para pedagang lantaran buntut peristiwa penyerangan yang terjadi pada Senin (15/6) pagi kemarin. Personil Satpol PP akhirnya melampiaskan kekesalan terhadap sejumlah pedagang yang diamankan hingga akhirnya turut membuat personel polisi kewalahan dan terpancing emosi.

Sebelumnya, lima orang kuli panggul di Pusat Pasar Medan mengalami luka serius karena dianiaya puluhan petugas Satpol PP, Selasa (16/6) sekitar pukul 06.00 WIB. Kelima buruh angkut tersebut masing-masing diketahui bernama Yoga Tanjung, Hadafi Lase, Yaso Harefa, Ardi Harefa serta Tema Lase.

Kanit Reskrim Polsek Medan Timur AKP Alexander Piliang mengatakan bahwa pihaknya mendapat kabar kalau ada lima orang kuli panggul di Pusat Pasar Medan yang sekarat di kantor Satpol PP. "Para korban belum ada buat laporan dengan kita, tapi walaupun begitu setelah kita mendapatkan kabar langsung ke lokasi. Setelah kita cek ternyata benar, kita menemukan para pedagang sudah tergeletak berdarah-darah. Terus mau diserahkan ke kita. Kan nggak mungkin juga kita terima gitu aja. Kalau nanti begitu diserahkan ke kita mereka meninggal. Kita juga yang repot. Kami minta supaya dibawa ke rumah sakit," ujar AKP Alexander Piliang.

Pemberitaan sebelumnya, penertiban pedagang di Pasar Pusat Pasar Medan yang dilakukan petugas Satpol-PP Kota Medan dibantu oleh Anggota Sabhara Polresta Medan dan TNI berakhir ricuh, Senin (15/6) pagi. Akibat bentrokan itu, sebanyak 12 anggota Satpol PP mengalami luka-luka. (Dik-SPS, A10/w)
 
T#gs
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments