Selasa, 22 Sep 2020

Pemuda Sergai Diharapkan Berani Menjadi Agen Perubahan

redaksi Senin, 25 November 2019 15:06 WIB
Foto SIB/Rimpun H Sihombing
MOTIVASI: Wabup Sergai H Darma Wijaya tampak memotivasi para pelajar saat menjadi pembicara pada seminar kebangsaan yang digelar KAHMI, Sabtu (23/11) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Seirampah.

Sergai (SIB)
Para pelajar dan pemuda sebagai generasi penerus bangsa diharapkan bisa menjadi "agent of change" atau agen perubahan, untuk merubah mental pesimistis menjadi optimis.

Harapan itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Serdangbedagai (Sergai) H Darma Wijaya, di hadapan para pemuda dan pelajar SMA negeri dan swasta se-Sergai saat tampil sebagai pembicara pada seminar kebangsaan yang digelar Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Sabtu (23/11) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Seirampah.
"Pemuda Sergai harus berani menjadi agen perubahan, merubah mental pesimistis menjadi optimistis. Gunakan waktu yang ada sebaik-baiknya, terutama pelajar, agar tekun dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, hindari penyalah-gunaan narkoba serta pengaruh negatif gadget yang semakin mengkhawatirkan," sebut Darma Wijaya.

Dia juga mengharapkan para pemuda dan pelajar harus menanamkan kebanggaan yang besar kepada orangtua, bangga menjadi anak desa, bangga menjadi anak Sumut, dan bangga menjadi anak Indonesia.
"Jangan malah kelebihan orang lain membuat semangat kita surut dalam meraih mimpi, sebab sebenarnya kita semua sama, dengan profesi apapun orangtua kita, semisal petani, PNS, pedagang atau profesi lainnya, semua punya kesempatan yang sama untuk meraih apa yang kita inginkan," sebutnya.

Pada kesempatan itu, Wabup juga mengisahkan perjalanan masa kecilnya yang penuh dengan perjuangan untuk mengeyam pendidikan, mulai dari keterbatasan transportasi hingga waktu bermain sebagai remaja yang terbatas, karena harus membantu orang tua mengurus ternak.

"Artinya, semua yang saya alami dan jalani berawal dari ketiadaan dan keterbatasan, yang menjadikan saya merasa sangat bersyukur kepada Allah SWT atas karunia yang diberikan kepada saya dan keluarga saat ini. Seluruh perjalanan saya tadi, hendaknya jadi inspirasi generasi muda untuk tidak mudah menyerah meraih cita-cita. Semuanya harus diawali kemauan kuat dari diri kita, juga keyakinan bahwa segalanya bukan tidak mungkin diraih, tanamkan semangat di mana ada kemauan, disitu pasti ada jalan," tegas Darma Wijaya.

Sementara Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin SE MTr (Han) menyampaikan paparan bertema "Milestone Perjalanan Menuju Indonesia Emas" yang isinya mengajak para siswa memaknai Sumpah Pemuda dan Proklamasi Kemerdekaan dengan mendukung pembangunan dan menjaga stabilitas negara. Termasuk di dalamnya reformasi birokrasi, dengan mengambil peran sebagai pelajar yang bersungguh-sungguh menyumbangkan pemikiran yang cemerlang, guna memberikan yang terbaik bagi bangsa.
Sebelumnya Ketua Umum Majelis Daerah KAHMI Sergai, H Usman Efendi Sitorus SAg MSP dalam paparannya bertema "Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia" mengajak generasi muda sebagai kaum milenial untuk bersatu dan menanamkan kecintaan yang besar kepada bangsa dan negara dengan menjadi siswa yang luar biasa dan terus menjadi orang yang selalu termotivasi sukses dan giat belajar. (T06/d)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments