Kamis, 06 Agu 2020

Promo dan Pasar KUMKM 2019 Dibuka

Pemprov Sumut Dorong Pelaku KUMKM Sumut Naik Kelas

redaksi Minggu, 08 Desember 2019 13:13 WIB
Foto SIB/Danres Saragih
PEMBUKAAN: Plt Kadis Koperasi dan UKM Provsu Dr Haykal Amal SH MH, Kadisperindag Sumut Zonny Waldi SSos MM dan lainnya foto bersama usai pembukaan Promo dan Pasar KUMKM 2019, Jumat (6/12) malam di area Pasar Kedan, Kompleks MMTC, Jalan Pancing, Medan.

Medan (SIB)

Pemprov Sumut mendorong para pelaku Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Sumut naik kelas, terutama dalam peningkatan volume penjualan dan pendapatan. Langkah itu dilakukan melalui Kegiatan Promo dan Pasar KUMKM 2019 yang digelar selama 3 hari 6-8 Desember 2019 di area Pasar Kedan, Kompleks MMTC Medan.

Hal itu dikatakan Plt Kadis Koperasi dan UKM Sumut Dr H Ridho Haykal Amal SH MH mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat membuka Kegiatan Promo dan Pasar KUMKM 2019, Jumat (6/12) malam di area Pasar Kedan, Kompleks MMTC, Jalan Pancing, Medan.

Di sela-sela peninjauan stand peserta dari kabupaten/kota se-Sumut, Haykal didampingi Kadisperidag Sumut Zonny Waldi SSos MM kemudian mengatakan, pihaknya ingin para KUMKM lebih maju dan kegiatan itu menjadi wadah bagi pelaku KUMKM memperkenalkan produk kepada masyarakat lebih dekat. Itulah alasannya mengapa tidak diadakan di mall. "Kalau dibuat di mall kesannya mahal, makanya kita memulainya dari pasar," ujarnya.

Pasar Kedan sendiri sebelumnya sudah ada dan merupakan sebuah pasar malam yang banyak menjual makanan serta permainan untuk anak-anak dan keluarga yang ramai dikunjungi setiap malam.

Sebelumnya, Ketua Panitia Salmek Saragih SH MH, dalam laporannya memaparkan Promo dan Pasar KUMKM itu diikuti lebih kurang 350 peserta binaan Dinas Koperasi yang menjual berbagai produk andalan masing-masing kabupaten/kota se-Sumut.

Selama ini, katanya salah satu permasalahan yang dihadapi pelaku KUMKM adalah pemasaran. Untuk itu perlu diadakan kegiatan strategis untuk memfasilitasi pelaku dengan konsumen, membentuk jaringan bisnis dan kerjasama dengan investor serta penambahan wawasan melalui workshop.

Pantauan SIB, stand-stand tersebut antara lain menjual aneka pakaian wanita, sepatu kulit dan sepatu berbahan kulit ular, makanan dan jajanan khas seperti dodol Sergai, Kacang Sihobuk dari Taput, snack, kain ulos dan kain tenun, produk herbal , madu hutan, minyak gosok Karo, aneka hasil cinderamata dari binaan Dekranasda Sumut, layanan perbankan BRI dan lainnya.

Acara pembukaan Promo dan Pasar KUMKM 2019 ditandai juga dengan penyerahan izin usaha secara simbolis kepada Muhammad Affandi (Boss Dimsum), Sri Rukmini SH MKN (Chilly Handmade), Lis Rahyani (Bandeng Presto), Selvita Pertama (Maz Rumah Nongkrong) serta Laila Fahmi (Keripik Tempe Ahai), peragaan busana Vita Collections, serta diakhiri penampilan artis ibukota Indah Nevertari.

Selama pelaksanaan kegiatan, di tempat acara juga diadakan berbagai kegiatan interaktif untuk pengunjung, Sabtu (7/12) pagi berlangsung Lomba Mewarnai tingkat TK, dilanjutkan Lomba Busana Daerah, Band Competition, Seminar UMKM, hiburan Band D`Wonders serta pengumuman pemenang pada malam hari dilanjutkan penyerahan hadiah dan penarikan lucky draw, Minggu (8/12) upacara penutupan oleh Gubernur Sumut. (M12/q)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments