Jumat, 18 Okt 2019

Pemko Medan Berharap HPS Momen Bangkitkan Ketahanan Pangan

admin Sabtu, 07 September 2019 13:05 WIB
SIB/ Roy Marisi Simorangkir
BERIKAN HADIAH: Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi memberikan hadiah kepada lomba cerdas cermat dalam acara Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) di Lapangan Pertiwi Jalan Budi Pembangunan Medan, Kamis (5/9).
Medan ( SIB) -Pemko Medan mendukung penuh pelaksanaan Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) sebagai bagian dari kegiatan memeriahkan Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-39 Tahun 2019 Tingkat Kota Medan, yang digelar di Lapangan Pertiwi Jalan Budi Pembangunan Medan, Kamis (5/9). Dalam acara itu, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi berharap, HPS dapat dijadikan momentum membangkitkan ketahanan pangan nasional.

Festival Pangan Lokal B2SA, HPS yang mengusung tema, "Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045", itu juga diramaikan dengan puluhan stand yang mempromosikan aneka industri pangan olahan binaan Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan. Di samping itu sejumlah OPD di Pemko Medan yakni Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pertanian dan Perikanan, serta Dinas Kesehatan juga ikut serta mendirikan stand guna memeriahkan HPS tersebut.

Wakil Wali Kota mengatakan, pangan merupakan kebutuhan yang paling esensial. Untuk itu, ketersediaan pangan bagi masyarakat luas harus terjamin. Namun untuk mencapai ketahanan pangan yang kuat, dibutuhkan tekad, kesungguhan, kerja keras, pendekatan sistematis serta koordinasi dari semua pihak, baik jajaran pemerintahan, dunia usaha serta stakeholder di bidang pangan.

Sebelumnya, Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis menjelaskan, tujuan kegiatan ini digelar untuk mendorong penerapan konsumsi pangan lokal B2SA, dengan memanfaatkan olahan pangan lokal melalui pameran-pameran pangan. Kemudian mendorong kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial, sehingga diharapkan meningkatnya teknologi industri pertanian dan pangan untuk menjadikan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia tahun 2045.

Usai memberikan sambutan, Wakil Wali Kota menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba cerdas cermat pangan B2SA bagi anak SD serta lomba makan kudapan yang berbasis non beras terigu. Didampingi Kadis Ketahanan Pangan, Akhyar selanjutnya menyerahkan bantuan sarana dan prasarana berupa alat penunjang usaha bidang pangan kepada UKM binaan Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, serta penyerahan bantuan kelompok afinitas pada kegiatan pengembangan mandiri pangan 2019.

Di samping itu Wakil Wali Kota Medan juga menyerahakan bantuan kepada lansia pada kegiatan penanganan rumah tangga rawan pangan tahun 2019, serta pemberian bantuan peralatan pengembangan kebun sekolah sebagai pengenalan diversifikasi pangan bagi sekolah dasar 2019. Sebelum meninggalkan lokasi, Akhyar menyempatkan diri untuk meninjau seluruh stand yang berada di lokasi. (M15/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments