Kamis, 14 Nov 2019

Pemko Diminta Pikirkan Pertumbuhan Angkatan Kerja di Medan

Senin, 19 November 2018 10:38 WIB
Paul Anton Simanjuntak SH
Medan (SIB) -Anggota DPRD Medan Paul Anton Mei Simanjuntak SH mengatakan dalam proses pembangunan kota, pertumbuhan penduduk merupakan salah satu aspek yang selalu harus dicermati terutama dalam proses perencanaan kota.

"Pertumbuhan penduduk secara alamiah, akan menciptakan pertambahan angkatan kerja yang harus dipikirkan pemerintah agar bisa diserap dalam lapangan kerja, ujar Paul kepada SIB, Minggu (18/11) seraya menyebutkan bahwa pemerintah dalam hal ini harus mencari solusi mengatasi bertambahnya angkatan kerja setiap tahunnya.

Hal itu ditekankannya menanggapi perubahan Perda Kota Medan No.11 tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan tahun 2016-2021 yang dibahas beberapa waktu lalu.

Permasalahan akan muncul ketika pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan ketersediaan lapangan kerja. Akibatnya akan menciptakan sejumlah pengangguran baru. Begitu juga, pengangguran yang bertambah itu akan menambah beban serta mereduksi kesejahteraan masyarakat.

"Apa langkah Pemko Medan dalam menciptakan lapangan kerja guna menekan angka pengangguran mengingat," ujarnya lagi. Implementasi pelaksanaan RPJMD Kota Medan tahun 2016-2021 akan dipengaruhi dukungan sumber-sumber pembiayaan yang dapat digunakan untuk itu. Kombinasi pembiayaan pembangunan Kota Medan perlu diformulasikan dalam arah kebijakan keuangan daerah yang efektif, guna menciptakan kepastian ketersediaan kebutuhan pendanaan pembangunan yang dibutuhkan.

Untuk keberhasilan implementasi tersebut, perlu tindakan nyata yang harus dilakukan Pemko Medan, ujar Bendahara F-PDI Perjuangan DPARD Medan itu lagi. Hal itu sudah diatur dalam UU No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang di dalamnya mengatur  wewenang, tugas dan kewajiban sebagai daerah otonomi.

"Pemerintah daerah diberikan kewenangan untuk mengembangkan inisiatif dan prakarsa konstruktif guna mengelola potensi yang ada di daerahnya secara optimal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya mengakhiri. (A13/d)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments