Selasa, 10 Des 2019

Pemkab Sergai Gelar Seminar Penguatan SDM Perencanaan

redaksi Selasa, 12 November 2019 11:45 WIB
Sib/Doc
SAMBUTAN : Bupati Sergai, Ir H Soekirman memberikan sambutan saat membuka seminar peningkatan SDM perencanaan, Sabtu (2/11).

Sergai (SIB)
Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) menggelar seminar pembangunan dengan fokus penguatan sumber daya manusia (SDM) perencanaan, Sabtu (2/11) di Prime Plaza Hotel Kuala Namu, Kabupaten Deliserdang.


Kegiatan dibuka Bupati Sergai Ir H Soekirman dan dihadiri para asisten dan Drs Mochammad Yudi MSi yang merupakan Kepala Bidang Analis Pembangunan Daerah Perencanaan Program, Data, Evaluasi dan Pelaporan Bappelitbang Pemko Bandung selaku narasumber serta diikuti seluruh peserta seminar yang terdiri dari para Kepala OPD, para Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Perencanaan perangkat daerah serta para Kabid, Kasubbid, dan Kasubbag Bappeda se-Sergai.


Soekirman dalam sambutannya menyampaikan, perencanaan memegang peranan penting dalam menunjang penyelenggaraan pemerintah daerah. Melalui perencanaan yang baik, kesalahan dalam pembangunan akan dapat diminimalisir.
Menurutnya, perkembangan teknologi yang semakin cepat saat ini, berdampak pada tuntutan peningkatan kualitas perencanaan pembangunan pada era digital. Kecepatan dan ketepatan, khususnya dalam proses perencanaan pembangunan, sangat diharapkan oleh seluruh pemangku kepentingan," ungkap Soekirman.


Bagi pemerintah daerah, lanjutnya, kecepatan dan ketepatan dalam proses perencanaan pembangunan menjadi sangat penting dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan pembangunan yang akan diterapkan dalam rangka pencapaian target kinerja daerah sebagaimana telah tertuang dalam dokumen perencanaan daerah, khususnya rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).


"Untuk menunjang perencanaan, tentu harus didukung dengan kualitas SDM yang baik, sehingga dokumen perencanaan yang dihasilkan telah memenuhi seluruh aspek peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Kualitas SDM yang baik juga diharapkan dapat membantu kepala daerah dalam menganalisa kondisi mikro ekonomi dan sosial daerah dalam mengambil keputusan yang tepat," tegas Soekirman.


Sebelumnya Kepala Bappeda Sergai, Ir Hj Prihatina MSi melaporkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut sebagai upaya dalam meningkatkan kapasitas dan pemahaman aparatur perencana yang handal dalam penyusunan berbagai dokumen perencanaan.


"Dalam rangka pembangunan, pemerintah tidak hanya melaksanakan tugas-tugas umum pemerintahan saja, tetapi sekaligus melaksanakan tugas pembangunan yaitu untuk mengarahkan, menggerakkan, dan mengendalikan pembangunan secara lancar serta meningkatkan kapasitas SDM aparatur perencana," sebut Prihatina. (T06/f)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments