Minggu, 22 Sep 2019

Pemkab Langkat Launching Layanan Konsultasi Hukum Secara Online

admin Kamis, 22 Agustus 2019 11:41 WIB
Langkat (SIB) -Salah satu upaya peningkatan layanan konsultasi hukum kepada aparatur pemerintahan, Pemkab Langkat meresmikan launching aplikasi e-Kulthum ( Layanan Konsultasi Hukum) secara online .

Peresmian dilakukan Asisten I Pemerintahan Abdul Karim atas nama Bupati Langkat di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Selasa (20/8). Melalui aplikasi kulthum.langkatkab.go.id, diharapkan memberi kontribusi bagi aparatur Pemkab sehingga dalam setiap keputusan maupun tindakannya tidak menimbulkan permasalahan hukum .

"Saya berharap aplikasi ini terus berkembang, sehingga manfaatnya dirasakan seluruh masyarakat Langkat yang membutuhkan layanan konsultasi di bidang hukum," sebutnya.

Melalui aplikasi tersebut lanjut para kepala OPD dalam pengelolaan anggaran, maupun dalam proses penerbitan keputusan atau tindakan administrasi dapat berjalan sesuai ketentuan perundang-undangan asas pemerintahan secara baik.

Sebagai mana telah diatur dalam pasal 10 ayat (1) UU No 30 tentang administrasi pemerintahan, bahwa asas-asas umum pemerintahan yang baik meliputi kepastian hukum, kemanfaatan, ketidak berpihakan, kecermatan, tidak menyalahgunakan kewenangan, keterbukaan, kepentingan umum dan pelayanan yang baik.

Kabag Hukum Setdakab Langkat Alimat Tarigan melaporkan, dasar kegiatan itu mengacu pada Peraturan Bupati Langkat No 29 tahun 2019 tentang Mekanisme Layanan Konsultasi Hukum kepada Aparatur. Kemudian Surat Keputusan Bupati Langkat No: 180.05-40/K/2019 dan No:180.05-04/K/2019, tentang Pembentukan Tim Efektif Peningkatan Layanan Konsultasi Hukum dan Pembentukan Tim Pengelola Layanan Konsultasi Hukum kepada Aparatur di Jajaran Pemkab Langkat.

Juga berdasarkan dukungan Bupati Langkat No:711/SP/HUK/2019 tanggal 9 juli 2019, tentang Dukungan Atas Kegiatan Proyek Perubahan dengan Judul Peningkatan Layanan Konsultasi Hukum kepada Aparatur Pemkab Langkat dengan Perbaikan Tata Kelola serta Pemanfaatan Sistem Informasi Teknologi Berbasis Aplikasi Website (e-Kulthum).

Menurut Alimat, peserta yang menghadiri acara launching itu terdiri dari para Asisten dan Staf Ahli Bupati Langkat, para kepada OPD dan camat se Langkat, para Kabag Setdakab Langkat dan Direktur RSU Tanjungpura. (M24/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments