Selasa, 14 Jul 2020

Mantan Wakil Wali Kota Medan Dr Ramli Lubis:

Pemindahan Ibukota Medan ke Kawasan Medan Utara Mendesak

Sabtu, 14 November 2015 09:44 WIB
Medan (SIB)- Mantan Wakil Wali Kota Medan Dr Drs Ramli Lubis MM meminta seluruh komponen masyarakat Kota Medan untuk mulai memikirkan dan medesain pemindahan ibukota ke kawasan Medan Utara atau tepatnya di Kecamatan Medan Marelan dan Kecamatan Medan Labuhan. Desain ibukota Medan di wilayah Medan Utara harus menjadi pemikiran dan gerakan bersama yang melibatkan Pemko, DPRD Medan dan didukung Pemprovsu, DPRDSU serta Kemendagri dan DPR RI.

"Saya kira tidak ada waktu lagi untuk menunda pemindahan ibukota Medan ke kawasan Medan Utara. Ini sudah menjadi suatu keharusan sesuai dengan tuntutan perkembangan penduduk dan kemajuan jaman. Jika tidak maka Medan akan akan memiliki masalah yang kompleks dan sulit untuk ditata menjadi kota metropolitan," kata Dr Ramli Lubis kepada wartawan, Senin (9/11) di Medan.

Dikatakannya, pembangunan Kota Medan jika tidak terlebihdulu memindahkan pusat pemerintahan ke kawasan Medan Utara adalah sama dengan menambah kompleksitas kota. Kawasan inti kota saat ini dinilai sudah jenuh dan kaku sehingga setiap pembangunan fisik berupa pusat perkantoran dan bisnis dengan gedung-gedung bertingkat sebenarnya adalah telah termasuk unsur pemaksaan.

Satu-satunya jalan keluar agar bangunan fisik pusat perkantoran, bisnis, kondominium, plaza dan sejenisnya tidak menjadikan Kota Medan menjadi kota kaku adalah dengan memindahkan pusat perkantoran milik pemerintahan termasuk kantor DPRD dan instansi kejaksaan, PN dan lainnya.

Ramli Lubis yang merupakan Doktor Study Pembangunan Kota ini menyebut pemindahan ibukota Medan hanya akan bisa dilakukan jika telah ada study yang komprehensip dan didukung oleh kesiapan dari Pemko, DPRD dan komponen masyarakat Medan. Modal utama ini menurutnya bisa dengan cepat dilakukan tentunya dengan melibatkan para ahli berbagai disiplin ilmu dan didukung oleh DPRDSU dan Gubsu.

"Jika ini sudah rampung tentu tinggal menggolkan ke pusat karena pemindahan ibukota suatu daerah ada UU-nya dan perlu dana yang besar. Menurut hemat saya, pemerintah pusat akan sangat memahami perkembangan kota Medan ke depan dan akan menyetujui pemindahan ibukota Medan," tegasnya.

Untuk tidak kehilangan waktu, Ramli Lubis yang juga mantan Sekda Medan ini meminta Plt Wali Kota Medan Drs Randiman Tarigan untuk segera melakukan action mengawali rencana mendesain pemindahan ibukota ke kawasan Medan Utara.

"Meski hanya menjabat beberapa bulan saja, Randiman Tarigan harus segera membentuk tim yang langsung dipimpin Sekda, Bappeda dan tim ahli dari berbagai universitas dan para tokoh untuk mengagasi dan mewujudkan pemindahan ibukota. Jika ini terbentuk maka siapa pun nanti yang terpilih menjadi wali kota Medan maka ia harus melanjutkannya," kata Ramli Lubis.

Ia juga memberikan sejumlah saran kepada Randiman Tarigan yang meski beberapa bulan menjabat wali kota namun dinilainya bisa berbuat banyak. Di antaranya untuk menggerakkan seluruh perangkat Pemko Medan yang dinilainya belakangan ini sempat melambat kinerjanya termasuk dengan melantik sejumlah pejabat eselon II dan IV yang lowong.

"Sejumlah lurah itu banyak yang dijabat oleh Plh, ini sebaiknya dilantik saja menjadi pejabat defenitip untuk optimalisasi pelayanan. Begitu juga jabatan lain yang kosong itu perlu didefenitipkan," ucapnya. (A6/y)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments