Minggu, 21 Jul 2019

Pemda Harus Aktif Promosikan Produk Koperasi dan UKM

admin Jumat, 12 Juli 2019 15:41 WIB
Haykal Amal
Medan (SIB) -Pemerintah daerah (Pemda) di Sumut harus aktif mempopulerkan produk koperasi dan UKM unggulan di wilayahnya masing-masing dalam berbagai pameran baik di dalam maupun luar negeri.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Sumut Dr Haykal Amal SH MH mengatakan, peran Pemda sangat signifikan untuk perkembangan usaha dan perluasan pasar produk koperasi dan UKM.

"Kalau koperasi dan UKM bisa berkembang dengan baik maka akan mengurangi kesenjangan ekonomi masyarakat di daerah. Kalau pertumbuhan ekonomi bisa diimbangi dengan koperasi dan UKM maka kita yakin tingkat kesenjangan bisa dipersempit," ujar Haykal kepada SIB, Rabu (10/7).

Sementara kegiatan pameran, menurut dia, sangat potensial untuk meningkatkan transaksi dan aktivitas perdagangan. "Ini yang harus kita perkenalkan sehingga bisa terjadi transaksi perekonomian dan transaksi aktivitas perdagangan. Kalau sudah besar bisa tambah pendapatan bagi koperasi dan UKM nantinya," katanya.

Ia mengatakan koperasi dan UKM memiliki arti penting bagi perekonomian nasional, karena merupakan mayoritas pelaku usaha dengan presentase lebih dari persen dari total pelaku usaha yang ada di Indonesia.

Namun ia menyadari bahwa koperasi dan UKM masih menghadapi sejumlah kendala seperti keterbatasan modal usaha, akses pasar dan terbatasnya keterampilan SDM. Padahal di era perdagangan bebas saat ini, lanjutnya, koperasi dan UKM juga harus bisa bersaing dengan produk asing yang telah membanjiri pasar dalam negeri.

Amal berharap pameran dapat menjadi sarana bagi koperasi dan UKM lokal untuk mempromosikan produknya, mendorong peningkatan daya saing, memotivasi koperasi dan UKM dalam mengeksplorasi potensi yang dimiliki sehingga menghasilkan produk yang bernilai jual tinggi.

"Kami berharap even pameran yang digelar mampu mempertemukan produsen dengan buyer, baik dalam maupun luar negeri, sekaligus sebagai upaya penguatan pasar, pengembangan serta peningkatan mutu produk koperasi dan UKM dalam negeri," pungkasnya. (M12/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments