Jumat, 18 Okt 2019
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Pembangunan SPAM Memanfaatkan Air Sungai Belutu, Diharapkan Mampu Penuhi Kebutuhan Air Masyarakat Sergai

Pembangunan SPAM Memanfaatkan Air Sungai Belutu, Diharapkan Mampu Penuhi Kebutuhan Air Masyarakat Sergai

Minggu, 14 Juni 2015 12:44 WIB
SIB/dok
Perletakan Batu Pertama: Bupati Sergai Ir H Soekirman saat meletakkan batu pertama pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum, di Kelurahan Pekan Dolok, Kecamatan Dolok Masihul, Sergai.
Sergai (SIB)- Sumber daya air Sungai Belutu akan dimanfaatkan sebagai sumber air baku penyediaan air minum yang sehat dan bersih melalui proses pengelolaan baik fisik maupun kimiawi dari unit produksi, distribusi hingga dapat dikonsumsi masyarakat.

“Hal ini sesuai dengan PP No 42 /2008 yang menyatakan bahwa pengelolaan sumber daya air dimanfaatkan bagi kebutuhan dasar masyarakat. Diharapkan, penggunaan system penyediaan air minum yang akan dibangun ini, mampu menjawab kebutuhan masyarakat Sergai akan air bersih ”, tegas Bupati Sergai Ir H Soekirman pada acara peletakan batu pertama pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), di Kelurahan Pekan Dolok, Kecamatan Dolok Masihul, Kamis (11/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasatker Dirjen Bina Marga Kementerian PU Sumut Poppy Pradiati, Perwakilan Balai Wilayah Sungai (BWS) II Sumut Sukardi, Kadis PSDA Ir Prihatina Sagala, Kadis Hutbun M Aliuddin SP sejumlah camat serta masyarakat sekitar.

Pengembangan SPAM di wilayah setempat, lanjutnya, dapat dilakukan melalui sistem jaringan perpipaan dan bukan perpipaan yang  meliputi air baku, unit produksi, unit distribusi, unit pelayanan dan unit pengelolaan. Dan, kegiatan ini, dilakukan melalui kerja sama dengan Ditjen Sumber Daya Air dan Ditjen Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum. “Pemkab Sergai, akan  terus berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai elemen dan stakeholder bagaimana memajukan tingkat perekonomian di daerah ini”, kata Soekirman.

Pada kesempatan itu, Kasatker Dirjen Bina Marga Kementerian PU Sumut Poppy Pradiati mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang dilakukan. Air minum, merupakan hajat hidup orang banyak yang pemenuhannya ditanggung oleh negara, Pekerjaan dengan pemanfaatan air Sungai Belutu ini, menurutnya, adalah contoh kerjasama yang baik antara pemerintah pusat dengan daerah. (A-26/w)



T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments