Jumat, 19 Jul 2019

Rakerda Koalisi Kependudukan Sumut Digelar

Pembangunan Kependudukan Berdampak Positif Terhadap Ketahanan

admin Jumat, 19 April 2019 16:08 WIB
SIB/Dok
Kepala PPKB Provsu Ria Nofida Telaumbanua.
Medan (SIB) -Kebijakan strategi dan upaya pembangunan kependudukan yang tepat, akan berdampak positif terhadap ketahanan dan kedautan nasional dan daerah. Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan (Koalisi Kependudukan) Provinsi Sumut, memandang isu kependudukan dalam konteks ketahanan dan kedaulatan daerah, merupakan isu strategis yang memiliki dampak jangka panjang bagi kinerja pembangunan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Provinsi Sumatera Utara Ria Nofida Telaumbanua saat membuka Rapat kerja daerah (Rakerda) Koalisi Kependudukan Provinsi Sumut tahun 2019 digelar di Hotel Le Polonia Medan, Rabu (10/4). Acara ini berlangsung selama tiga hari, hingga Jumat (12/4) dengan thema "Pengendalian Penduduk dan Pengembangan Sumbardaya Manusia yang Inovatif, Mandiri dan Berdaya Saing Menuju Kedaulatan Daerah Melalui Grand Design Pembangunan Kependudukan, Kampung KB dan Kemitraan Koalisi Kependudukan Dalam era Revolusi Industri 4.0".

Dia mengatakan, di era Revolusi Industri 4.0. maka lndonesia secara umum dan daerah secara khusus memasuki era baru, dalam kehidupan bernegara yang demokratisasi dan otonomi daerah.

"Koalisi kependudukan mencermati bahwa dalam situasi saat ini, isu pembangunan kependudukan belum mendapat perhatian yang memadai. Padahal pengabaian terhadap pembangunan kependudukan akan membawa konsekuensi luas dan jangka panjang bagi seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Dia mengatakan, koalisi kependudukan Provsu memiliki komitmen kuat untuk melakukan fungsi advokasi dan fungsi lumbung pikir, guna mendorong terwujudnya pembangunan kependudukan yang optimal dalam rangka meningkatkan ketahanan dan kedaulatan daerah, menuju tercapainya cita-cita nasional dan daerah. "Dengan kekuatan jaringan organisasi yang tersebar di Kabupaten/Kota. Koalisi Kependudukan memiliki kekuatan strategis untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan kependudukan di tingkat daerah," katanya.

Dia mengatakan, dibutuhkan persamaan persepsi dari seluruh pengurus dan mitra kerja Koalisi Kependudukan di tingkat daerah, tentang isu pembangunan kependudukan yang dapat memperkuat ketahanan dan kedaulatan daerah. "Berdasarkan pemikiran di atas, Koalisi Kependudukan Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah I yang dirangkai dengan seminar sehari," katanya.

Seperti diketahui, lanjut dia, bahwa Visi Koalisi Kependudukan adalah menjadikan penduduk sebagai pelaku dan sasaran pembangunan. Sehingga diperoleh pembangunan dari, oleh, dengan dan untuk penduduk. Selanjutnya, misi Koalisi Kependudukan adalah menggalang kemitraan di dalam dan luar negeri dengan semua unsur, baik pemerintah maupun masyarakat dalam pembangunan kependudukan, melakukan advokasi untuk dapat mengarusutamakan kependudukan dalam pembangunan.

Tujuan Koalisi Kependudukan, kata dia, adalah melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas penduduk dan memperkuat koordinasi sana keterpaduan berbagai kegiatan kependudukan. (M11/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments