Senin, 21 Okt 2019
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Pelipatan dan Penyortiran Surat Suara Pemilu 2019 Mulai Dilaksanakan KPU Medan

Pelipatan dan Penyortiran Surat Suara Pemilu 2019 Mulai Dilaksanakan KPU Medan

* Kapolrestabes: Logistik Pemilu 2019 Dijaga 24 Jam
admin Rabu, 06 Maret 2019 10:43 WIB
SIB/Dok
CEK KESIAPAN: Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi cek kesiapan sortir dan pelipatan surat suara pemilihan umum Presiden, DPR RI, DPD RI dan DPRD Sumut/ Medan, di gedung Andromeda eks Bandara Polonia Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (5/3).
Medan (SIB) -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan legislatif (Pilleg) 2019 yang dilaksanakan di Gedung Andromeda eks Bandara Polonia Lanud Soewondo Medan, Selasa (5/3). Penyortiran dan pelipatan surat suara Pileg 2019 tersebut dilakukan 250 orang yang terlebih dahulu telah direkrut KPU Medan.

Ketua KPU Medan Agussyah Damanik mengatakan, kegiatan pelipatan dan penyortiran surat suara Pileg 2019 di hari pertama melibatkan 250 pekerja.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Danlanud Soewondo yang sudah banyak membantu KPU Medan dalam penyediaan dan pemanfaatan lokasi pergudangan ini. Jadi KPU Medan memang sedang mencari lokasi area yang luas, akhirnya terdapat penyimpanan pengelolaan logistik kita di pergudangan Andromeda Bandara Polonia ini," kata Agussyah.

Agussyah menjelaskan, kegiatan pelipatan itu dimulai dari melipat surat suara untuk DPR RI, selanjutnya akan masuk DPRD provinsi dan seterusnya. Agussyah mengatakan, pekerjaan ini ditargetkan selesai selama 2 minggu ke depan dan mudah-mudahan tidak ada kendala suatu apapun.

"Pekerja yang jumlahnya 250 orang tersebut terdiri dari 25 kelompok, 1 kelompok berjumlah 10 orang dan diawasi petugas yang sudah dilatih KPU Medan,"ucapnya.

"Mereka ini nantinya melakukan lipatan sortir yang akan dipandu petugas yang telah ditunjuk. Para pekerja ini juga nanti akan dilakukan sortiran terhadap surat suara yang cacat dan rusak sesuai petunjuk teknis yang sudah ditetapkan KPU. Oleh karena itu kami sengaja mengundang para stake holder untuk sama-sama menyaksikan kegiatan tersebut. Ini pertama kali kita laksanakan pembukaan segel surat suara untuk kegiatan sortir dan lipat surat suara," terangnya.

Dirinya juga mengatakan, untuk surat suara yang sudah masuk dan diterima KPU Medan adalah surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Medan. Selain surat suara untuk Presiden dan DPD akan menyusul pada 8 Maret 2019 dan 16 Maret 2019 nanti.

PENGAMANAN KHUSUS LOGISTIK
Sementara Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Darmawan yang tampak hadir memantau di lokasi mengatakan, pihaknya melakukan pengamanan khusus pada Gedung Andromeda (eks Bandara Polonia) tempat KPU Medan menempatkan sementara logistik Pemilu 2019. Pengamanan logistik Pemilu tersebut menurutnya dilakukan 24 jam secara bergantian oleh personil mereka. "Untuk pengamanan logistik kita sudah tempatkan personil khusus ada 20 personil," katanya.

Selain menempatkan 20 personil, pihaknya juga menyiapkan personil lain sebanyak 1 pleton sebagai pasukan pengamanan untuk memback-up pengamanan tersebut. Tidak hanya itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan jajaran pihak TNI pada situasi-situasi tertentu.

"Jadi sewaktu-waktu kita butuh perkuatan, kita koordinasi dengan rekan-rekan TNI. Kita berharap mampu menjaga agar proses tahapan pemilu dapat berjalan lancar," pungkasnya.

Kegiatan pelipatan dan penyortiran surat suara yang juga disaksikan para Komisioner KPU Medan yakni Edy Suhartono, M Rinaldi Khair, Zefrizal, Nana Miranti, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Ketua Bawaslu Medan Payung Harahap dan dari jajaran TNI. (A14/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments