Senin, 17 Feb 2020

Pasca Penutupan TPA Tadukan Raga, 300 Orang Bersihkan Sampah di Tanjungmorawa

Jumat, 14 Februari 2020 12:09 WIB
jambi-independent.co.id

Ilustrasi

Tanjungmorawa (SIB)
Tiga ratusan pegawai kecamatan, personel Polsek Tanjungmorawa, prajurit Koramil 16/Tanjungmorawa, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, Pramuka dan pelajar, melakukan pembersihan sampah yang menumpuk di seputaran Tanjungmorawa Kabupaten Deliserdang, Rabu (12/2).

Gerakan seporadis oleh Muspika Tanjungmorawa juga melibatkan alat berat dengan alat pengangkutan 6 unit dump colt diesel ditambah 2 unit beca bermotor sampah. Sampah selanjutnya diangkut ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di Desa Namo Rube Julu Kecamatan Kutalimbaru.

Pembersihan sampah yang sudah menumpuk dan menimbulkan aroma tidak sedap itu dimulai dari Jalan Dagang Kerawan, Jalan Irian, Simpang Limaumungkur, Jalan Perintis Kemerdekaan dan tugu Kota Tanjungmorawa.

Usai melakukan pembersihan sampah, Muspika Tanjungmorawa selanjutnya memasang spanduk imbauan larangan membuang sampah sembarangan sesuai dengan Perda Nomor 7 Tahun 2015 tentang ketentraman dan ketertiban umum di lokasi pinggir jalan yang menjadi sasaran tumpukan sampah.

Guna menerapkan Perda itu, Muspika kemudian membentuk Satuan Tugas (Satgas) Sampah. Dua orang Satgas kemudian akan memantau orang yang membuang sampah sembarangan untuk diberikan sanksi.

Camat Tanjungmorawa Marianto Irawadi SSos bersama Kapolsek Tanjungmorawa AKP Ilham Harahap SH MH dan Danramil 16/TM Mayor Inf Sapruddin Manurung, kepada SIB mengatakan penumpukan sampah itu terjadi pasca ditutupnya TPA Tadukan Raga Kecamatan STM Hilir dan harus diantar ke TPA Namo Rube Julu Kecamatan Kutalimbaru.

Sebelumnya TPA Tadukan Raga hanya berjarak sekira 10 Km dari Tanjungmorawa sehingga jarak tempuhnya hanya 30 menit, sedang TPA Namo Rube Julu berjarak sekira 80 Km sehingga jarak tempuhnya mencapai 4 hingga 5 jam. Situasi itu, membuat volume sampah tidak seimbang dengan armada transportasi. (T03/f)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments