Jumat, 03 Apr 2020
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Partai Demokrat Akui Sudah Siapkan Dana Untuk APD Corona, Tapi Barang Tidak Ada

Partai Demokrat Akui Sudah Siapkan Dana Untuk APD Corona, Tapi Barang Tidak Ada

* Minta Kepolisian Kawal Bantuan dari Cina Sampai ke Sumut
redaksisib Kamis, 26 Maret 2020 11:04 WIB
SIB/Horas Pasaribu

SIAPKAN APD CORONA: Plt Ketua DPD P Demokrat Sumut Herri Zulkarnain Hutajulu, Seketaris Melijar latif, Ristiawati, Ika, Masdar Limbong, Jesayas Tarigan dan lainnya menyiapkan alat pelindung diri (APD) Corona untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat pada kegiatan gerakan nasional P democrat melawan virus Corona, Minggu (25/3) di DPD P Demokrat SUmut Jalan Gatot Subroto, Medan. 

Medan (SIB)
DPD Partai Demokrat Sumut mengakui sulitnya ditemui alat pelindung diri (APD) untuk mencegah Covid-19. Demokrat tidak bisa menyalahkan toko-toko obat dan apotek yang tidak menjualnya karena barangnya tidak ada.

“Kami meminta aparat penegak hukum , bila ada yang menimbun barang-barang untuk APD agar ditindak. Kepada pemerintah kabupaten/kota, segeralah mengatasi ini dengan cara-cara menyiapkan masker, sarung tangan, sabun cair dan handsanitizer (antiseptic),” kata Plt Ketua DPD P Demokrat Sumut Drs Herri Zulkarnain Hutajulu SH MSi kepada wartawan ketika membagi-bagi APD kepada masyarakat dalam rangka gerakan nasional melawan virus corona, Minggu (25/3) di Jalan Gatot Subroto, Medan.

Meski kabupaten dan kota di Sumut kata Herri memiliki dana taktis untuk keperluan pencegahan virus corona, tapi barang yang dibutuhkan tidak ada. Dia berharap, bantuan perlengkapan kesehatan yang didatangkan dari Cina yang sudah tiba di Jakarta supaya Sumut mendapat bagian yang cukup.

“Sehingga nantinya, kabupaten/kota dapat ,mendistribusikannya kepada masyarakat dan awak medis. Mudah-mudahan, bantuan Cina ini bisa mencegah virus corona. Tapi semua kita serahkan kepada Gubernur dan Kapolda Sumut untuk mengawasinya sampai di Sumut,” tegasnya.

Menurut Herri, APD masih sangat sulit didapatkan, kalaupun ada, harganya sangat mahal. Seperti masker biasa yang semula harganya per kotak Rp 50.000 sekarang menjadi Rp 400.000. Harga handsanitizer botol kecil semula Rp 5000 mejadi Rp 40.000, alat pengukur suhu badan yang kecil semula Rp 900.000 menjadi Rp 3 juta, yang besar harga semula Rp 3 juta menjadi Rp 9 juta.

“Karena APD sangat sulit didapatkan maka DPD P Demokrat mencoba membantu masyarakat dengan gerakan nasional P Demokrat melawan virus corona dengan membagikan ribuan masker, handsanitizer, dan sarung tangan karet,” terangnya.

Seluruh APD yang tersebut selain dibagikan kepada masyarakat pengguna jalan, juga dibagikan ke rumah-rumah ibadah seperti masjid, gereja, kuil maupun vihara. Begitu juga di panti jompo, panti asuhan, rumah sakit, Puskesmas dan tempat lainnya.

Selain itu, Seketariat DPD P Demokrat Sumut menyiapkan air bersih untuk cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun cair dan handsanitizer untuk masyarakat umum. Jika melintas di Sekretariat Demokrat Jalan Gatot Subroto, Herri mengimbau agar berhenti dan menyempatkan mencuci tangan. Hal yang sama juga dilakukan di DPC-DPC kabupaten/kota di Sumut.

“Mudah-mudahan ini dapat bermanfat bagi orang banyak, itulah keperdulian kami, seperti yang dicanangkan Ketua Umum kami Agus Harimurti Yudhoyono gerakan nasional melawan virus corona, guna memutus rantai penularan virus mematikan tersebut,” ucapnya. Turut hadir, Sekretaris DPD P Demokrat Sumut Hj Melizar Latif, Ketua Panitia Ristiawati, Dr Masdar Limbong, Jesayas Tarigan, Welvin Hutajulu, Ika, Maju Manalu dan lainnya. (M10/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments