Sabtu, 04 Apr 2020

Para Pengusaha Akui Urus IMB di Deliserdang Makin Mudah dan Cepat

Rabu, 19 Februari 2020 12:31 WIB
batamnews.co.id

Ilustrasi

Lubukpakam (SIB)
Sejumlah pelaku usaha mengakui pengurusan perizinan di Dinas PM PPTSP Deliserdang sudah semakin mudah dan cepat. Dengan sistem aplikasi online, kalangan pengusaha itu mudah memantau apabila ada kendala kekurangan dan ketidakcocokan berkas.

"Sudah semakin baik dan cepat urus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Deliserdang. Semua urusan sudah sistem online mulai pendaftaran, proses ditolak juga sudah ada keterangan melalui email yang harus kita lengkapi," kata seorang pengusaha, Udin Sofian kepada wartawan, Selasa (18/2) usai ambil berkas IMB yang sudah selesai di Kantor Dinas PM PPTSP Deliserdang, Lubukpakam.

Kendala yang pernah dialaminya yaitu foto copy KTP tetangganya buram atau tidak jelas saat diupload ke sistem online PM PPTSP. Kemudian ada potongan gambar dan dokumen lingkungan tidak terlihat di back office.

"Kalau persyaratan tak lengkap langsung ditolak Dinas PM PPTSP melalui email, lengkap dengan keterangan apa kekurangannya. Kemudian kita lengkapi dan upload kembali permohonan, dan sudah lengkap kita tinggal nunggu hasil. Hasil selesai nanti ada pemberitahuan berapa retribusi yang kita bayar," terang Udin Sofian yang mengaku mengurus IMB gedung di Pantailabu.

Pelaku usaha lainnya, Suwendah yang urus IMB hunian di Dinas PM PPTSP Deliserdang juga akui cepat. "Mudah dan cepat. Kalau ada berkas yang tak lengkap pasti ditolak. Kalau cepat-cepat kita lengkapi maka cepat juga hasilnya diproses," katanya.

Suwendah yang memilki rumah hunian di Desa Bangunsari Baru, Kecamatan Tanjungmorawa itu mengaku proses lama itu hanya saat survey saja. "Bisa saja banyak permohonan jadi butuh waktu untuk survey. Survey ini ada dari dinas terkait dan dinas perizinan, kalau sudah lewat proses itu pasti cepat," terang Suwendah yang mengaku sering urus izin sejak dulu.

Hal senada disebutkan Erwin Salim yang juga sedang mengurus izin peruntukan penggunaan tanah di Dinas PM PPT SP Deliserdang. "Alasan lama proses perizinan karena kesalahan di pihak kita. Ada kekurangan kemarin site plan tidak saya tandatangani dan peta bidang tanah di SHM juga tidak terlampir yang diberitahu melalui email. Saya lengkapi semua dan daftarkan kembali baru bisa diproses," tutur Erwin yang sedang mengurus IMB di dinas tersebut.(T05/c)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments