Sabtu, 06 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

Panglima TNI: Semua Unsur Bersatu Merupakan Kekuatan Dahsyat

Sabtu, 23 Mei 2015 10:28 WIB
Medan (SIB)- Panglima TNI Jenderal Moeldoko berharap Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polri dan pemerintah daerah bahu-membahu dalam menjaga keamanan. Kalau semua unsur bisa bersatu dan menjalin kerja sama merupakan kekuatan yang dahsyat.

Hal itu diungkapkan Jenderal Moeldoko saat jamuan makan malam bersama Gubsu Gatot Pujo Nugroho di rumah dinas Gubsu, Kamis (21/5).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Sumut H Ajib Shah, Pangdam I/ BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi, Kapoldasu Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo,  Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan sejumlah staf ahli, asisten dan pimpinan SKPD Provsu.

"Kedatangan kami di Sumut adalah rangkaian kunjungan kerja yang tujuannya melihat dari dekat berbagai kegiatan prajurit TNI dan berbagai persoalan yang dihadapi, sehingga kami bisa memahami hal-hal yang menjadi kesulitan prajurit," ujarnya.

Kunjungan ini juga katanya ingin memperkuat hubungan yang telah terjalin selama ini, antara TNI dengan Pemprovsu, kepolisian  dan seluruh komponen masyarakat. "Kita berharap hubungan TNI dengan semua komponen bangsa semakin kuat. Ini sangat diperlukan karena masing-masing mempunyai kekuatan. Kalau kekuatan itu digabungkan menjadi satu, maka itu menjadi sebuah kekuatan yang dahsyat untuk membangun bangsa ini," ujarnya.

Dia  juga menyadari berbagai komentar atas keterlibatan TNI di berbagai bidang. Namun dia memastikan dan menegaskan selama hal itu masih dalam tujuan untuk kemaslahatan rakyat itu akan didukung.

"Banyak komentar dan koreksi terhadap TNI,  tetapi ini saya tegaskan sepanjang itu untuk kemaslahatan rakyat saya tidak terlalu perduli. Tetapi asal jangan prajurit TNI melakukan kegiatan politik praktis, ini tidak boleh. Silahkan kalau Gubsu memanfaatkan TNI  untuk kepentingan kemaslahatan rakyat, asal jangan terlibat politik praktis," tegasnya.

Dikatakannya, dalam kondisi saat ini kemampuan TNI sudah disegani di negara tetangga. Untuk ke depan keberadaan TNI harus tetap mendapatkan dukungan dari masyarakat. "Bersama rakyat TNI akan kuat. Negara yang besar harus memiliki tentara berkemampuan besar, kita akan disegani jika tentara kita ahli," ujarnya.

Sementara Gubsu  mengatakan, kehadiran Panglima TNI di Sumut merupakan satu keistimewaan. Karena sudah  tiga kali Panglima TNI mengunjungi Sumut. "Kami bangga dengan kedatangan ini, ini kali ketiga kunjungan  Panglima TNI di Sumut," ujarnya.

Gubsu mengatakan saat ini Sumut secara umum kondusif, tapi di satu sisi Pemprovsu sedang dihadapkan dengan situasi kehadiran pengungsi Rohingnya. 

"Pengungsi Rohingnya di Sumut ada 96 orang di Kabupaten Langkat.  Untuk menerima mereka barang kali kami berharap Panglima TNI bisa memberikan informasi, apa dan bagaimana nantinya kebijakan pemerintah pusat terhadap mereka, dan kami juga bisa melakukan tugas kami dalam menangani pengungsi tersebut," kata  Gubsu.

Jamuan makan malam tersebut juga diisi dengan penyerahan cendera mata dari Gubsu kepada Panglima TNI Moeldoko dan pagelaran seni Budaya etnis Sumut.(A14/d)




T#gs
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments