Rabu, 22 Jan 2020

Ngaku Bisa Masukkan Pegawai Poldasu, Oknum ASN Diciduk Polsek Perbaungan

admin Rabu, 06 Februari 2019 14:55 WIB
Sergai (SIB)-Seorang oknum aparatur sipil negara (ASN) berinisial IWS (41) warga Lingkungan I Kelurahan Tualang diciduk tim Opsnal Reskrim Polsek Perbaungan Serdangbedagai (Sergai), karena diduga telah menipu Suanda Marpaung (36) warga Dusun III Desa Delimuda Ilir dengan mengaku-ngaku bisa memasukkan seseorang menjadi ASN di Poldasu, Sabtu (2/2).

Informasi dihimpun SIB menyebutkan, peristiwa penipuan itu bermula pada Rabu (6/6/2018). Saat itu, istri korban, Serepina Br Panggabean (36) bertemu tersangka di dalam bus dalam perjalanan pulang menuju Perbaungan. Awalnya, tersangka IWS mengatakan bahwa ada penerimaan ASN di Poldasu. Tersangka juga mengaku punya kenalan dari Mabes Polri yang bisa memuluskan seseorang masuk ASN di Poldasu.

Sesampainya di rumah, istri korban menceritakan hal itu kepada korban. Kebetulan, saat itu korban tertarik dan menghubungi tersangka untuk datang ke rumahnya. Selanjutnya pada Jumat (8/6/2018) sekira pukul 17.00 WIB, tersangka bersama istrinya, Santi (28), datang ke rumah korban menjelaskan tentang proses masuk ASN Poldasu.

Korban memutuskan untuk pikir-pikir dulu. Namun, esoknya, sekira pukul 18.00 WIB, korban mendatangi rumah tersangka dan memantapkan diri untuk masuk ASN di Poldasu. Namun tersangka mengatakan, harus menyiapkan uang Rp120 juta. Korban saat itu hanya memiliki uang Rp15 juta dan tersangka mengambil uang Rp15 juta itu dengan dalih sebagai uang panjar.

Tersangka juga menjelaskan, korban harus menyetor hingga Rp60 juta sebagai uang masuk awal. Nantinya, setelah Surat Keputusan (SK) keluar, sisa Rp60 juta lagi harus dilunasi. Korban pun mengiyakan arahan dari tersangka. Akhirnya, sejak hari itu, korban mulai mengangsur uang awal masuk PNS di Poldasu.

Hingga pada Sabtu (21/7/2018) korban menggenapi uang awal masuk PNS di Poldasu sebesar Rp60 juta dilengkapi surat perjanjian antara korban dan tersangka. Namun, hingga beberapa bulan berikutnya, korban tak kunjung masuk ASN di Poldasu. Merasa tertipu, korban pun melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Perbaungan sesuai LP/261/XI/SU/Res Sergai/Sek Perbaungan/22 November 2018.
Berdasar laporan itu, petugas pun melakukan penyelidikan. Usai penyelidikan dan melengkapi saksi maupun bukti, tersangka akhirnya diciduk sesuai surat perintah penangkapan SPKap/03/II/2019/Reskrim/2 Februari 2018.

Kapolres Sergai AKBP H Juliarman EP Pasaribu SSos SIK MSi melalui Kapolsek Perbaungan AKP Gandhi Hutagaol SH kepada SIB, Selasa (5/2) membenarkan penangkapan tersebut."Guna pemeriksaan lebih lanjut, tersangka berikut barang bukti berupa 5 slip penarikan uang, selembar kuitansi dan selembar surat pernyataan diboyong ke Mapolsek Perbaungan," ujarnya.(MRF/c)

T#gs Oknum ASN Diciduk Polsek PerbaunganNgaku Bisa Masukkan Pegawai Poldasu
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments