Sabtu, 19 Okt 2019

Nelayan Tanjungberingin Berharap Polisi Tindak Kapal yang Gunakan Pukat Trawl

admin Minggu, 17 Februari 2019 15:57 WIB
Sergai (SIB)- Sejumlah nelayan di Kecamatan Tanjungberingin meminta aparat kepolisian khususnya Satpolair Polres Serdangbedagai (Sergai) menindak kapal yang kerap menggunakan alat tangkap ikan terlarang (Pukat Trawl).

Irfan (37), salah seorang nelayan pencari udang kepada SIB, Sabtu (16/2) menuturkan bahwa baru-baru ini secara tak sengaja dirinya melihat aktivitas kapal yang menggunakan pukat trawl di perairan Tanjungberingin Sergai. "Sudah sering ditangkap Satpolair.

Tapi nampaknya, mereka tidak jera dengan hal itu," ujarnya. Menurut Irfan, selain merusak, penggunaan pukat trawl juga mengancam kelangsungan hidup nelayan kecil sepertinya.

Sebab, sambungnya, jika pukat trawl sudah beroperasi, nelayan kecil seperti dirinya tak lagi mendapat udang dengan hasil yang memuaskan. "Jelas kalau mereka sudah beroperasi, tangkapan kita yang nelayan kecil ini pasti berkurang. Kadang kita emosi karena tingkah mereka," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, pemerhati sosial Kabupaten Sergai, Hendrianto Siregar kepada SIB mengaku bahwa keadaan ini harus sesegera mungkin disahuti pihak terkait. Sebab jika tidak, nasib sebagian masyarakat Sergai yang tinggal di daerah pesisir akan semakin terpuruk. "Saya mohon kepada kepolisian agar bisa menumpas habis nelayan-nelayan "nakal" di perairan Sergai. Supaya, laut dan juga kelangsungan hidup nelayan Sergai bisa lebih baik," harapnya.

Sementara itu, Kasatpol Air Polres Sergai Iptu CT Situmorang saat dikonfirmasi SIB mengungkapkan pihaknya selama ini telah melakukan patroli secara intensif di perairan Sergai.

Namun, terkadang dikarenakan faktor alam, jika air laut surut, kapal motor milik Satpolair yang biasa digunakan untuk patroli mengalami kandas di tanah sehingga sulit bergerak. "Oleh karenanya, kami juga terus melakukan koordinasi dengan para nelayan untuk berbagi informasi tentang aktivitas pukat trawl.

Saya imbau kepada para nelayan untuk tidak berlaku anarkis atau main hakim sendiri jika menemukan kapal pukat trawl di laut. Supaya, konflik antar nelayan bisa dihindari," ungkapnya. (MRF/f)
T#gs Nelayan Tanjungberingin Berharap Polisi Tindak Kapal yang Gunakan Pukat Trawl
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments