Selasa, 29 Sep 2020

    Musim Hujan Tiba, Pemko Medan Diminta Pro Aktif Pantau Sistem Drainase

    redaksisib Kamis, 30 Juli 2020 10:14 WIB
    SIB/Danres Saragih

    TERGENANG AIR : Jalan Jawa di depan Centre Point yang selalu langganan banjir setiap hujan turun akibat sistem draenase yang tidak berfung dengan baik foto dipetik, Selasa (28/7). 

    Medan (SIB)
    Musim hujan tiba, beberapa ruas jalan di Kota Medan kembali tergenang air akibat drainase yang tidak berfungsi dengan baik. Warga sekitar dan pengguna jalan meminta Pemerintah Kota (Pemko) Medan atau Dinas PU untuk segera memperbaiki sistem drainase yang ada.

    Pantauan SIB, ada beberapa ruas jalan yang selalu menjadi langganan banjir setiap hujan turun, seperti Jalan Jawa, Jalan Timor, Jalan Prof HM Yamin, Jalan Sutomo dan lainnya. Hal itu disebabkan tidak berfungsinya drainase sehingga air tidak dapat mengalir karena tersumbat sampah.

    Sinaga, salah satu pengguna jalan kepada SIB, Rabu (29/7) meminta Dinas PU memperbaiki sistem drainase yang ada. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi banjir ketika musim hujan.

    Dia menyebut sistem pembangunan drainase atau parit yang di atasnya telah dicor semen sangat menyulitkan untuk mengetahui apakah aliran air berjalan lancar atau tidak.

    "Karena itu butuh pengawasan dinas terkait. Aparatur pemerintahan di tingkat kecamatan dan kelurahan juga harus rajin melakukan pemantauan drainase yang tumpat dan juga membersihkan saluran parit," ujarnya.

    Sementara Anto warga sekitar jalan yang sering banjir juga meminta kesadaran warga Kota Medan agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke dalam parit yang dapat menganggu aliran air.

    Dia juga meminta instansi terkait agar dapat menata kembali sistem drainase di Kota Medan yang saat ini banyak tidak terkoneksi.

    "Banyak kita temui drainase di Kota Medan ini yang belum terkoneksi dengan drainase lainnya. Hal ini tentu saja membuat saluran air
    sumbat dan akhirnya tumpah ke jalan. Ini harus menjadi perhatian serius instansi terkait," tutupnya. (M12/c)
    T#gs MedanMusim HujanPemko MedanSistem Drainase
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments