Minggu, 17 Nov 2019

Meski Dunia Telekomunikasi Dikuasai Smartphone, Handy Talky Masih Eksis

* Suprianto Terpilih Kembali Jadi Ketua Daerah RAPI Sumut
bantors Senin, 21 Oktober 2019 15:02 WIB
SIB/Dok
FOTO BERSAMA: Pengurus RAPI Daerah 02 Sumut periode 2019 - 2024 foto bersama usai dilantik, Sabtu (12/10) di Jalan Kenanga Raya, Kecamatan Medan Sunggal. Dari kanan, Surya Dani Sebayang (Sekretaris), Suprianto ST (Ketua), Drs Wesly P Manullang MSi (Wakil Ketua I), Rolan Yusuf (Wakil Ketua II), Raschmad (Bendahara).
Medan (SIB) -Pengurus Daerah Radio Antar Penduduk (RAPI) Sumut mengadakan musyawarah daerah (Musda) ke-8, Sabtu (12/10) di Jalan Kenanga Raya, Kecamatan Medan Sunggal. Musda dibuka Ketua Umum Pengurus Nasional RAPI H Agus Sulistiyono (JZ12AY). Ketua Daerah RAPI Sumut Suprianto terpilih untuk kedua kalinya.

Agus Sulistiyono mengatakan, Musda tidak sekadar memilih pengurus baru periode 2019-2024, tapi juga melakukan evaluasi program kerja yang sudah dilakukan dan membuat program kerja lima tahun ke depan. Konsolidasi Suprianto di 25 kabupaten/kota sudah baik dilakukannya, apalagi jarak daerahnya sangat berjauhan.

Ia mengemukakan, RAPI adalah organisasi soial dan tidak ada kaitannya dengan politik. Lewat momen Musda ini konsolidasi tetap ditingkatkan, terutama soal profesionalisme, tidak hanya kuantitas juga kualitas. Karena sekarang ini tantangannya makin berat sehingga selalu ditingkatkan dari sisi kemampuan anggota. Tidak hanya sisi komunikasi tapi bisa melakukan pertolongan pertama mana kala ada yang bisa dilakukan.

Agus juga menjelaskan, RAPI adalah organisasi sosial yang berkiprah dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah. RAPI sangat dibutuhkan manakala ada bencana seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, kebakaran dan sebagainya.

"Kami berharap, kepengurusan baru ini bisa kerjasama dengan pemrov Sumut dan kepala daerah bisa ditingkatkan. Karena RAPI Pusat juga sudah kerjasama dengan Kementerian Sosial dan kementerian lainnya beserta BNPB yang intinya saling bekerjasama. Kami juga berharap pemda membantu, karena anggota kami selalu hadir bersama pemerintah," kata Agus.

Disinggung tentang telepon pintar (smartphone) yang menguasai dunia telekomunikasi akan membuat handy talky (HT) yang dipakai RAPI jadi tergerus? Agus mengatakan tidak, karena radio komunikasi RAPI ini berangkat dari hobi (senang), bukan secara paksaan sehingga organisasi tersebut semakin eksis.

Lanjut dia, walau era sekarang ada menggunakan komunikasi media sosial, tapi penggunaan HT tetap saja masih banyak. Justru ketika ada bencana anggota RAPI bisa meningkatkan komunikasi lebih baik lagi. Artinya teman-teman Rapi pengguna HT makin banyak dibutuhkan.

"Saya ambil contoh ketika terjadi gempa di Bantul, hanphone tidak bisa digunakan, hanya HT yang bisa jadi alat komunikasi. Ketika provider tidak dapat sinyal, tapi handy talky masih bisa menjangkau sinyal. Jiwa seorang anggota RAPI itu penolong dan pengabdian, tidak pernah memikirkan esok mendapat imbalan, tapi murni memberi bantuan bagi yang membutuhkan," ucap anggota DPR RI (F-PKB) ini didampingi Ketua Panitia Musda Wesly Manullang.

Ketua RAPI Sumut Suprianto mengatakan, selama ini pihaknya sudah melakukan kerjsama dengan Polda Sumut dan SAR. Mereka merupakan relawan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, muncul saat orang terkena bencana. "Pencarian pesawat yang jatuh di Bahorok tujuan Kotacane, kami menginap di lokasi, bencana banjir bandang dan tanah longsor air terjun dwi warna di Sibolangit dan bencana di Pidie Aceh kami hadir," tuturnya.

Berikut susunan pengurus Daerah 02 RAPI Provinsi Sumatera Utara Periode 2019 2024: Ketua DP2OD Drs H Ardjoni Munir MM MPd, Ketua Daerah 02 RAPI Provinsi Sumatera Utara Suprianto ST JZ02ANT, Wakil Ketua I Drs Wesley P Manullang, MSi JZ02FBI, II Rolian Yusuf JZ02RN, III Saharuddin Sitorus JZ02SS. Sekretaris Surya Dhani Sebayang JZ02ISN, Wakil Sekretaris Supriyono JZ02BSP, Bendahara Rachmad JZ02BAT, Wakil Bendahara Suryadi JZ02BBS dilengkapi oleh biro-biro. (M10/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments