Minggu, 21 Jul 2019
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Meski Diberi Peringatan ke-2 Oleh Pemkab Deliserdang, Pembangunan Pabrik di Lahan Eks Sawah Berlanjut

Meski Diberi Peringatan ke-2 Oleh Pemkab Deliserdang, Pembangunan Pabrik di Lahan Eks Sawah Berlanjut

admin Kamis, 11 Juli 2019 12:11 WIB
.SIB/Lisbon Situmorang
COR SALURAN IRIGASI : Tampak saluran irigasi pertanian dicor dan ditimbun untuk menyatukan lahan pembangunan sekalipun diduga pembangunan itu belum memiliki izin, Rabu (10/7) di Kecamatan Pagarmerbau.
Lubukpakam (SIB) -Sekalipun sudah dilayangkan Surat Peringatan ke-2 dari Satpol PP Deliserdang untuk menghentikan kegiatan karena tidak memiliki Izin Peruntukan, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan izin UPL-UKL (Upaya Pemantauan Lingkungan- Upaya Pengelolaan Lingkungan), namun pekerjaan pembangunan pabrik tetap berlanjut di tepi Jalinsum di Dusun IV Desa Sukamandi Hilir Kecamatan Pagarmerbau Kabupaten Deliserdang.

Pantauan SIB di lokasi bangunan pabrik itu berada di atas lahan sekira tiga hektar lebih yang sebelumnya merupakan lahan sawah, namun juga menggunakan lahan irigasi.

Sebelumnya, di tengah areal persawahan itu ada saluran irigasi yang digunakan selama ini menjadi kebutuhan pokok pertanian tanaman padi di sekitarnya. Setelah lahan itu dibeli seorang pengusaha dan ditimbun, saluran irigasi itu dicor dan ditimbun (ditutup dari atas-red) untuk menyatukan lahan pembangunan.

Sumber yang dihimpun SIB dari warga sekitar, setelah dicor dan ditimbunnya irigasi itu, debit air untuk sawah petani mengalir kurang lancar, diduga karena ada sampah yang menumpuk akibat cor irigasi itu. Sementara disebutkan, irigasi itu sebelumnya dibangun oleh Dinas Pertanian sekira tahun 1990 an yang dibiayai bantuan Jepang.

Kabid Perizinan Dinas Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) Deliserdang, Edy Zahwan ketika dikonfirmasi SIB, Rabu (10/7) di Lubukpakam, membenarkan bahwa pembangunan pabrik yang dimaksud belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Hal senada disampaikan Kabid Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Deliserdang, Habibi Aswin kepada SIB, Selasa (9/7) di Lubukpakam mengatakan, lahan pembangunan pabrik tersebut juga belum memiliki izin peruntukan. Hal itu dipertegas karena hingga saat ini, Dinas PPTSP Deliserdang belum ada permintaan untuk tim teknis menetapkan tata ruang. (T03/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments