Rabu, 23 Okt 2019

Masyarakat Karo Harus Jadi Pelopor Keharmonisan di Kota Medan

Minggu, 14 Juni 2015 12:51 WIB
Medan (SIB)- Masyarakat Karo harus pro aktif untuk menjadi pelopor keharmonisan dan memajukan Kota Medan. Hal itu disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dalam sambutannya pada acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang  Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (DPC HMKI) Kota Medan periode 2015-2020, Jumat (12/6)  di Balai Namaken Jalan Jamin Ginting Medan.

Pada acara yang dihadiri lebih dari 5.000 masyarakat Karo diharapkan agar HMKI menjadi wadah pemersatu seluruh masyarakat Karo di Kota Medan. Di samping itu menjadi tempat  untuk saling bekerjasama dan membantu, serta berperan aktif dalam pembangunan.

Prosesi pelantikan berjalan khidmat dan sangat kental dengan nuansa  Karo dilakukan langsung Ketua Umum DPP HMKI Pusat DR Ir Alexander Barus ditandai dengan penandatanganan Surat Keputusan (SK) sekaligus penyerahan bendera pataka HKMI kepada Ketua DPC HMKI Kota Medan Gelora  K.P Ginting  SSTP MSP.

Dalam sambutannya, wali kota mengajak seluruh masyarakat Karo berikut pengurus dan anggota HMKI  untuk terus berperan aktif dan proaktif dalam upaya memajukan Kota Medan. Kemudian terus memelihara persatuan dan kesatuan masyarakat Karo di Kota Medan. “Hindari perpecahan. Saya berharap HMKI menjadi organisasi yang dapat menjadi pemersatu seluruh masyarakat Karo,” kata Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota mengungkapkan, Medan memiliki penduduk heterogen dan hidup harmonis. Untuk itu masyarakat Karo di Kota Medan diajak tetap menjaga keharmonisan tersebut dan turut membangun dalam segala bidang, baik politik, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan bidang lainnya.
“Saya juga berharap masyarakat Karo dapat menjadi pelopor keharmonisan, pelopor kebersihan dan pelopor ketertiban. Dengan demikian masyarakat Karo menjadi suri tauladan bagi masyarakat lainnya,” ungkapnya.

Di kesempatan itu Wali Kota mengingatkan, globalisasi saat ini berkembang pesat sehingga tanpa disadari telah melunturkan nilai-nilai budaya asli. Karena itu wali kota berpesan agar pengurus dan anggota HMKI  dapat mencegahnya. Salah satunya dengan menggelar kegiatan yang dapat melestarikan budaya Karo, sebab budaya itu merupakan warisan nenek moyang yang harus tetap dijaga dan dilestarikan.

Sebelumnya Ketua Umum DPP HMKI DR Ir Alexander Barus mengatakan, tujuan dibentuknya HMKI untuk memajukan masyarakat Karo. Untuk itu salah satu misi utama HMKI yakni memajukan pendidikan bagi masyarakat Karo. Apalagi berdasarkan Indeks Human Development, masyarakat Karo di atas indeks nasional. “Tentunya hal ini harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” kata Alexander.

Selain itu tambah Alexander, HMKI juga bertekad untuk mempersiapkan masyarakat Karo agar siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan  bergulir tahun ini. Menurut Alexander, hal ini perlu dilakukan agar masyarakat Karo siap bersaing dengan seluruh pekerja dari negara-negara ASEAN.

Ketua DPD HMKI Sumut, Ruben Tarigan SE berharap pelantikan itu menjadi moment kebangkitan masyarakat Karo di Medan. Kemudian dia berharap agar wali kota bisa membuat simbol-simbol Karo di pintu gerbang masuk Kota Medan, sebab pendiri Kota Medan adalah orang Karo yakni Guru Patimpus.

Sedangkan Ketua DPC HMKI Kota Medan yang baru dilantik, Gelora Kurnia Putra Ginting SSTP MSP dalam laporannya menjelaskan, kehadiran HMKI untuk menyatukan seluruh masyarakat Karo di Kota Medan agar tetap solid dan saling bergandengan tangan melangkah bersama dan maju bersama. Sebab, masyarakat Karo  bertipikal pejuang dan gigih dalam mempertahankan kehormatannya.

Acara pelantikan itu dihadiri sejumlah tokoh masyarakat Karo di antaranya Drs Baskami Ginting,  Drs H Randiman Tarigan, Drs Nabari Ginting, Prof Sukaria Sinulingga, DR Budi D Sinulingga, serta Prof Paham Ginting. Selain itu Ketua PSMTI Sumut, Tong Ngarijo Angkasa, Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli, anggota DPRD Medan Wong Chu Sen Tarigan serta  GM Youth Comunity Area Sumatera PT Telkomsel Medan Jeckson Sihombing. (A8/h)







T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments