Sabtu, 26 Sep 2020
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Mantan Rektor USU 3 Periode Prof dr H Chairuddin P Lubis Wafat di Usia 75 Tahun

Mantan Rektor USU 3 Periode Prof dr H Chairuddin P Lubis Wafat di Usia 75 Tahun

Kamis, 17 September 2020 10:54 WIB
Foto dok/Humas USU

Mantan Rektor USU 3 periode Prof Chairuddin P Lubis ( 3 dari kiri) dan Rektor USU Prof Runtung Sitepu (3 dari kanan) hadir pada suatu acara.

Medan (SIB)
Prof dr H Chairuddin Panusunan Lubis mantan Rektor USU yang menjabat selama 3 periode,wafat dalam usia 75 tahun di RS Columbia Medan, Rabu (16/9) pukul 07.45 WIB.

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu SH M Hum, beserta seluruh pimpinan dan sivitas akademika USU menyampaikan ucapan dukacita mendalam atas berpulangnya Prof dr H Chairuddin Panusunan Lubis DTM & H Sp A (K).

Meninggalnya Prof Chairuddin bertepatan dengan peringatan Dies Natalis ke-68 Fakultas Kedokteran USU. Tiga periode yang dilewati Prof Chairuddin P Lubis. yakni dari tahun 1994-1998, 1998-2002, diperpanjang hingga 2005. Lalu periode USU PT-BHMN 2005-2010.

Prof Runtung Sitepu kepada para wartawan tak lama setelah mendengar kabar dukacita tersebut mengatakan Rabu (16/9) , seluruh pimpinan dan keluarga besar USU sangat kehilangan atas wafatnya Prof Chairuddin P Lubis yang karya, ide dan gagasannya, baik selama menjadi dosen maupun sebagai Rektor USU sangat luar biasa didedikasikan untuk kemajuan USU. Beberapa di antaranya sangat monumental adalah perjuangannya untuk menjadikan USU menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (USU PT BHMN) pada 2003, pertama di luar Pulau Jawa, yang sejak 2014 berubah menjadi PTN BH,” kata Prof Runtung.

Menurut Runtung, perjuangan Prof Chairuddin P Lubis yang juga patut dikenang adalah saat memperoleh kampus USU di Kwala Bekala seluas 300 Ha, perjuangannya memperoleh bantuan dari pemerintah RI untuk pembangunan Rumah Sakit USU dan meletakkan batu pertama pembangunan RS USU. Pada masa kepemimpinannya, beliau juga berhasil menempatkan USU dalam jajaran 10 besar PTN di Indonesia, dan banyak lagi karyanya yang menjadi karya monumental untuk dikenang sepanjang sejarah USU.

Prof dr H Chairuddin Panusunan Lubis DTM & H Sp A (K), lahir di Kuala Tungkal Jambi pada 18 Maret 1945. Meninggalkan seorang istri yakni Ir Hj Dewi Herawati dan tiga putera-puteri yaitu Dr Anggia Chairuddin Lubis, Dr Inke Nadia Diniyanti Lubis M Ped dan Dr Anindita Lubis. Menurut kolega, Prof Chairuddin P Lubis sudah lama menderita sakit, terakhir menderita stroke dan komplikasi beberapa penyakit.

Almarhum dikebumikan pada Rabu (16/9/2020) ba’da Dzuhur di TPU Sei Batu Gingging Medan.

Berdasarkan catatan wartawan SIB Eddy M Bukit, semasa hidupnya,ada tiga prinsip yang dipegang Prof Chairuddin P Lubis yang setiap hari memeriksa ratusan anak-anak di tempat praktiknya di Jalan Abdullah Lubis Medan dan dalam memimpin USU. Ketiga prinsip itu ialah lemah-lembut, jujur dan tegas. Rektor yang juga cukup akrab dengan wartawan ini selalu menyebut mahasiswa sebagai “adik-adik” dan dulunya terbiasa disapa pula dengan kata “abang” oleh junior dan adik-adiknya. Pria berperawakan tinggi 173cm dan berat 74 kg yang ketika mahasiswa dikenal “jagoan” bola pimpong dan bridge serta sepakbola ini adalah mantan aktivis organisasi kemahasiswaan. Menjadi Guru Besar pada usia 45 tahun. Ketika masih duduk di akhir tingkat tiga, Prof Chairuddin sudah mendapat kepercayaan sebagai asisten parasitologi di almamaternya, Fakultas Kedokteran USU. Kemudian oleh teman-temannya di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat FK USU, pada tahun 1970-72 dia diberi mandat sebagai ketua umum. Belum diwisuda sebagai dokter umum, tahun 1973-74 Chairuddin ditugaskan sebagai dosen parasitologi di FMIPA USU, waktu itu masih FIPIA dan ia lulus dokter umum 1974.

Secara terpisah, Juru Bicara Satuan Penganganan Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah MM , Rabu (16/9) membenarkan Prof Chairuddin Panusunan Lubis SpA (K) telah meninggal dunia.

Namun meninggal bukan karena terpapar Covid-19. "Jawabannya gak, bukan karena virus itu ya," katanya kepada wartawan via seluler di Medan. (M01/M17/a)
T#gs Mantan rektor USUProf dr H Chairuddin Panusunan LubisUsia 75 TahunWafat
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments