Rabu, 23 Sep 2020

LBH Medan Menolak Wacana Hidupkan Lagi Tim Pemburu Koruptor

redaksisib Kamis, 16 Juli 2020 10:32 WIB
totabuan.co

Ilustrasi

Medan (SIB)
Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan ,Ismail Lubis SH MH menolak dengan tegas wacana Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud Md, yang akan kembali mengaktifkan tim pemburu koruptor. Hal ini dinilai sebagai bentuk pemborosan dan hanya buang-buang uang negara saja.

"LBH Medan berpendapat bahwa pembentukan tim pemburu koruptor itu tidaklah diperlukan, karena lembaga kita sudah lumayan lengkap dan inilah yang harusnya dimaksimalkan, mulai dari KPK, kepolisian, kejaksaan, imigrasi, BIN dan lainnya. Lembaga sebanyak ini harusnya sudah cukup untuk memburu siapapun,"katanya kepada SIB di Medan, Rabu (15/7).

Menurutnya, sekarang yang menjadi persoalannya sebenarnya adalah masalah kemauan dan juga independensi. Langkah yang seharusnya ditempuh adalah memperkuat koordinasi dan supervisi antarlembaga penegak hukum dan badan lain yang terkait.

"Nah ini yang harus ditekankan, jika memang ada instansi yang tidak maksimal ya diganti aja pejabatnya dengan yang lebih mumpuni. Karena kita menduga jika mereka-mereka (oknum pejabatnya) itu juga yang tidak terlepas dari 'permainan'. Karena dari kasus-kasus korupsi yang terjadi justru oknum lembaga-lembaga tersebut yang membackingi untuk menutup sesuatu hal atau untuk mencari keuntungan. Dan ini yang harus diperbaiki, bukan justru membentuk tim-tim lagi. Apalagi tim ini juga sudah pernah dibentuk dan tanpa hasil kinerja yang baik”, tegasnya.

"Dibentuk lagi tim ini, justru kita khawatir hal ini akan membuang-buang uang negara, padahal dimasa pandemi seperti ini harusnya kita lebih berhemat kepada hal-hal yang seperti ini.

"Masa negara sebesar ini, menangkap koruptor-koruptor ini aja susah,"katanya . (M20/c)
T#gs LBH MedanMenolak WacanaTim Pemburu KoruptorMedan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments