Kamis, 14 Nov 2019

Korsel Komit Bantu Pengembangan Pariwisata dan Budaya di Sumut

admin Senin, 14 Januari 2019 12:03 WIB
SIB/dok
KERJASAMA: Tim Korsel yang dibawa Arjon Turnip jajaki kerjasama pengembangan pariwisata dan budaya dengan Walikota Medan Dzulmi Eldin di rumah dinas, Kamis (10/1)
Medan (SIB)-Korea Selatan (Korsel) melalui Tourism Promotion Organization (TPO) negara itu berkomitmen untuk membantu Pemprovsu membangun pengembangan pariwisata dan budaya di Sumatera Utara.

Demikian disampaikan Arjon Turnip PhD saat mendatangkan tim Korsel di Medan yaitu Prof Young Suk-Kwon dari Pusan National University (PNU), Prof Kim Soo Il Sekretaris Jenderal dari TPO) for Asia Pacific Cities beserta dua deputinya Mr Jo Dal Ryeo dan Mr Cho Dae Jong. Dalam kunjungan tersebut, tim Korsel telah bertemu Kepala Dinas Pariwisata Provsu Dr Hidyati beserta staf di Hotel Le Polonia Medan dan dilanjutkan bertemu Wali Kota Medan HT Dzulmi Eldin didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Pariwisata di rumah dinas wali kota di Medan, Kamis (10/1).

Sejak menyelesaikan pendidikan doktor di Pusan National University, Korsel tahun 2012, Arjon Turnip tetap membangun hubungan dengan PNU. Beberapa kali kegiatan konferensi internasional di Indonesia, Arjon mengundang para dosen dari PNU jadi pembicara termasuk pada saat konferensi internasional di Pulau Samosir tahun 2015 dan di Medan tahun 2017.

Pada saat yang sama para profesor dari Korsel tersebut diajak berkeliling memerkenalkan kondisi Sumut dan Samosir, dengan harapan ada kerjasama berupa kegiatan yang mampu meningkatkan pembangunan Sumut.

Menurut Arjon, beberapa kunjungan tersebut didukung dan difasilitasi Yayasan Parna Indonesia (YPI) untuk selanjutnya kegiatan Korsel di Sumut menjadi bagian dari program YPI dimana pada tahun 2018 sudah menjalin kerjasama dengan PNU. Hasilnya tahun 2019, akan ada kegiatan Korsel melalui PNU di Samosir yaitu peningkatan kualitas, produksi, dan pemasaran tenun Ulos tepatnya di Lumban Suhi.

Lebih lanjut, PNU melalui Department of Culture Heritage and Conservation berupaya meningkatkan kerjasama dalam bidang pariwisata dan pendidikan. Untuk tujuan tersebut, Arjon Turnip dan Young Suk-Kwon berupaya mengajak kerjasama kota Busan dari Korea dan beberapa kota di Sumut dari Indonesia.(rel/C06/c)

T#gs Korsel Komit Bantu Pengembangan Pariwisata dan Budaya di Sumut
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments