Minggu, 21 Jul 2019

Berawal Curhatan Warga

Kompol Subroto Melayat Rico Sitompul dan Datangkan Ambulan

admin Senin, 08 Juli 2019 11:36 WIB
SIB/Roy Surya Damanik
MELAYAT: Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Subroto melayat Rico Very Sitompul yang disemayamkan di rumah abangnya Jalan Padang Gang Dos Tahi, Kecamatan Medan Tembung, Minggu (7/7).
Medan (SIB) -Berawal curhatan warga, Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Subroto melayat Rico Very Sitompul (31) yang jenazahnya disemayamkan di rumah abangnya Jalan Padang Gang Dos Tahi, Kecamatan Medan Tembung, Minggu (7/7) sekira pukul 09.00 WIB.

Selain itu, Kapolsek juga mendatangkan ambulan untuk mengantar jenazah ke liang lahat, serta memberikan sumbangan sembako kepada keluarga almarhum yang kurang mampu.

Sebelumnya, pada Sabtu (6/7) malam sejumlah pria di antaranya Dani Manullang dan Marga Sihombing curhat kepada wartawan SIB, bahwasanya ada seorang pria bernama Rico Very Sitompul sudah dirawat di RSU dr Pirngadi Medan selama 2 minggu akibat penyakit yang sudah komplikasi. Namun pada Sabtu siang pria lajang itu diminta oleh dokter untuk pulang ke rumah dengan alasan tidak ada masalah lagi di paru-parunya.

"Almarhum dan keluarganya sempat menolak lantaran Rico merasa tubuhnya belum pulih. Tetapi dokter tetap memaksa Rico pulang, dan akhirnya karena berobat dengan membawa surat miskin, keluarga membawanya ke rumah. Setibanya di rumah, tubuh Rico lemah dan akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya. Keluarga dan para tetangga langsung menangis histeris," ujar kedua pria itu.
Para kerabat almarhum sambung mereka, satu-persatu datang untuk melayat. Abang almarhum, Roky Sitompul (33) kebingungan untuk mencari serta biaya ambulan mengantar jasad adiknya ke pemakaman. Hal itu dikarenakan ekonomi di keluarganya sangat kurang.

"Bukan hanya Roky, kakak almarhum dan para tetangga juga bingung untuk mencari dan membiayai uang sewa ambulan. Akhirnya Roky curhat kepada kami, dan kami sempat kebingungan mencari solusinya. Makanya kami memberanikan diri curhat kepada wartawan Harian SIB mana tau ada solusinya," ungkap Manullang dan Sihombing.

Setelah keduanya mengungkapkan hal itu, awak media ini langsung menghubungi Kapolsek. Dalam pembicaraannya, Kompol Subroto mengaku akan menghubungi sejumlah orang.

Minggu pagi Kapolsek yang didampingi awak media langsung melayat ke rumah duka, dan disambut pihak keluarga almarhum. Kapolsek sempat memperhatikan rumah kecil itu. Kepada pihak keluarga, Kapolsek mengaku sudah meminta tolong kepada temannya untuk mendatangkan ambulan. Kapolsek juga meminta kepada keluarga untuk tetap bersabar dan mengikhlaskan kepergian almarhum.

Subroto juga menyerahkan bantuan untuk pemakaman almarhum. Pihak keluarga tiba-tiba menangisi jasad Rico, sehingga Kapolsek pun ikut menangis. Sebelum pamitan, Kompol Subroto juga menyerahkan bantuan berupa sembako.

Roky Sitompul mengatakan, almarhum adalah anak ketiga dari 4 bersaudara. Dari mereka keempat, almarhum yang belum menikah. Sedangkan kedua orangtua mereka sudah tiada. Ia mengungkapkan, semasa hidupnya adiknya itu sangat perhatian terhadap keluarga.

"Adik saya berprofesi sebagai sopir angkot, dari pagi sampai malam ia bekerja. Jika ada uang, almarhum memberikannya kepada saya, kakak kami dan keluarga lainnya. Kalau malam almarhum mencari makanan ternak yang akan diberikan kepada kakak kami. Adik saya tidak perduli dengan kesehatannya, dan malah lebih perduli dengan keluarga," ucapnya sembari meneteskan air mata.
Masih katanya, belum lama ini almarhum sakit-sakitan dan akhirnya dijemput Namboru kami dan dirawat di Samosir selama 2 minggu. Setelah agak sehatan, almarhum kembali ke rumah.

"Setelah sehat, adik saya kembali bekerja. Dan baru-baru ini sakit lagi. Saya masih belum bisa percaya bahwa adik saya sudah tiada. Kami orang yang tidak punya, dan sempat kebingungan kemana mencari ambulan. Namun masih ada yang baik dengan kami. Saya pribadi sangat berterimakasih kepada Kapolsek dan wartawan yang sudah memberikan solusi serta bantuan," pungkasnya.
Pantauan wartawan, terlihat pihak keluarga dan tetangga siap-siap melakukan acara kebaktian yang dipimpin oleh pendeta. Rencananya almarhum akan dimakamkan di TPU Kristen Jalan Penguin Perumnas Mandala.(M16/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments