Sabtu, 25 Jan 2020
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Kemendagri dan Pemprovsu Sarankan Seluruh Anggota Fraksi Wajib Masuk di AKD DPRD Deliserdang

Kemendagri dan Pemprovsu Sarankan Seluruh Anggota Fraksi Wajib Masuk di AKD DPRD Deliserdang

redaksisib Rabu, 15 Januari 2020 12:37 WIB
SIB/Jekson Turnip
TEMU PERS : Wakil Ketua DPRD Deliserdang di antaranya Amit Damanik, T Achmad Tala'a dan Nusantara Tarigan serta disaksikan 6 Ketua Fraksi dan anggota lakukan temu pers soal pembentukan AKD di Lubukpakam, Senin (13/1).
Lubukpakam (SIB)
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Biro Otda Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tak ada menyebutkan bahwa Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Deliserdang yang disusun berdasarkan rapat paripurna 16 Desember 2019 yang lalu tidak sah. Dua lembaga itu menyatakan paripurna pembentukan AKD itu sah karena sudah memenuhi persyaratan. Pejabat dari dua lembaga itu hanya menyarankan agar anggota fraksi wajib masuk dalam AKD.

Hal itu disampaikan ketiga Wakil Ketua DPRD Deliserdang yaitu Amit Damanik, T Achmad Tala'a dan Nusantara Tarigan didampingi 6 ketua fraksi dan anggota dewan lainnya saat temu pers di Gedung Dewan, Lubukpakam, Senin (13/1).

Diceritakan Amit kronologis paripurna pembentukan AKD, sudah disepakati bersama sebelumnya melalui rapat pimpinan tentang jadwal paripurna pada 16 Desember 2019. Namun sebelum paripurna, semua ketua dan sekretaris fraksi ikuti rapat dengan pimpinan untuk musyawarah penyusunan AKD.

Musyawarah tidak membuahkan hasil, sehingga pimpinan menyurati semua fraksi agar menyerahkan nama-nama anggota pada paripurna AKD. "Paripurna awalnya dipimpin Ketua Zakky Shahri namun karena tidak ada kesepakatan, ia memilih keluar dan menyerahkan lanjutan rapat kepada saya. Ada 6 fraksi yang sudah menyerahkan nama anggotanya, hanya 3 fraksi lagi yang belum yaitu Gerindra, PKS dan Demokrat," cerita Amit.

Sementara Nusantara Tarigan menegaskan kalau pembentukan AKD sudah sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang ada. Setiap pengambilan keputusan sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan lantaran sudah lebih dari kuorum.

Menurutnya, semua mekanisme pelaksanaan rapat paripurna sudah dilaksanakan. Kalau pun saat itu Ketua DPRD Deliserdang, Zaki Shahri tidak mau melanjutkan rapat paripurna dan memilih keluar dari ruangan karena sesuatu hal. Namun ia menyerahkan kelanjutan rapat kepada Amit Damanik.

Sebelumnya dalam rapat paripurna yang dipimpin Amit Damanik, disahkan kalau untuk jabatan Ketua Bapemperda dipegang oleh Zul Amri (Golkar) dan Wakil Ketua Joni Hendri (PDIP). Sementara itu untuk Ketua Badan Kehormatan diisi oleh Siswo Adi Suwito (Golkar), Wakil Ketua Muhammad Adami (PPP) dan anggota Agustiawan (PDIP), Rahman (Golkar) dan Maya Synta Sianturi (Nasdem). (T05/f)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments