Selasa, 12 Nov 2019

Kemenag Sergai Gelar Manasik Akbar Jamaah Calhaj 2015

Selasa, 09 Juni 2015 11:17 WIB
Sergai (SIB)- Bupati Serdang Bedagai  Ir H Soekirman membuka Manasik Akbar Jamaah Calhaj tahun 2015, di Masjid Al-Abror Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Senin (8/6).

Hadir pada acara tersebut, perwakilan FKPD, kepala SKPD, unsur Muspika, Ketua MUI Sergai H Luckman Yahya, Kakan Kemenag Sergai H Drs David Saragih,  Ketua FKUB Drs H Irfan Elfuadi Lubis serta ratusan para Calhaj.

Dalam sambutannya, Bupati Soekirman mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional dan menyangkut martabat serta nama baik bangsa. Kegiatan ini, ujarnya, menjadi tanggung jawab pemerintah yang ditangani oleh Kementrian Agama. Akan tetapi, partisipasi masyarakat merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem dan manajemen penyelenggaraan ibadah haji.

Sementara itu, Kakan Kemenag Sergai Drs H David Saragih mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sergai dan jajarannya yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini. Semua yang berkenaan dengan urusan keberangkatan Calhaj mulai dari pengurusan pasport hingga pemeriksaan kesehatan selalu dibantu oleh Pemkab Sergai.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Dr Mahmudin MHum melaporkan, tujuan dilaksanakannya manasik akbar, untuk meningkatkan pembinaan, pelayanan, perlindungan dan kualitas ilmu pengetahuan bagi jamaah Haji baik di tanah air maupun di tanah suci (Arab Saudi) serta menjalin silaturrahmi antar calon jemaah haji dengan Pemkab Sergai.

Jumlah jamaah Haji yang akan diberangkatkan tahun 1436 H/2015 M sebanyak 140 orang terdiri dari,  57 orang laki-laki dan 83 orang  perempuan. Kemudian, ada yang  mutasi sebanyak 6 orang, wafat 1 orang, tunda keberangkatan 3 orang serta membatalkan 1 orang. “Kegiatan ini dilaksanakan 8 -10 Juni 2015”, jelasnya. (A-26/w)


T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments