Selasa, 10 Des 2019

DPP Apkindo dan Itaki Sumut Masa Bakti 2018-2013 Dilantik

Kemen PUPR Garap Pekerja Bersertifikat Dukung Gencarnya Proyek Infrastruktur

* Kontraktor Apkindo Diimbau Jangan Mengemis Proyek
Senin, 27 Agustus 2018 11:11 WIB
SIB/Relieve Pasaribu
PENYERAHAN PLAKAT: Ketua Umum DPN Apkindo Heber Lolo Simbolon sekaligus Ketum DPN Itaki didampingi Sekjen Teuku Abdul Hanan, Ketua Umum DPW Apkindo Sumut Drs Proklamasi K Naibaho, Sekretaris Conrad Naibaho dan Ketua Umum DPW Itaki Sumut Dismon Simbolon SK
Medan (SIB)  -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Nasional saat ini gencar memasilitasi proses sertifikasi terhadap calon tenaga ahli dan tenaga terampil baru bidang konstruksi.

Percepatan itu dilakukan untuk mendukung pelaksanaan proyek-proyek pembangunan infrastruktur, terutama bidang konstruksi yang  gencar dilaksanakan pemerintah hingga 2019, bahkan untuk beberapa tahun ke depan. 

Hal itu diungkapkan Ir Abdul Kosim mewakili LPJK Provinsi Sumut di acara pelantikan Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Asosiasi Perusahaan Kontraktor Indonesia (Apkindo) Sumut dan DPP Ikatan Tenaga Ahli Konstruksi Indonesia (Itaki) Sumut masa bakti 2018-2023 yang dilaksanakan di Hotel Grand Antares Medan, Sabtu (26/8).  

Lebih lanjut dijelaskan, Kemen PUPR menargetkan tahun ini tenaga kerja terampil baru yang akan dilatih dan diberikan sertifikat mencapai 2000 orang. Beberapa upaya yang telah dilakukan Kemen PUPR dan LPJK antara lain membuat pelatihan sampai ke lembaga pemasyarakatan. 

Selain itu, Kemen PUPR juga menggarap calon tenaga ahli baru, terutama para mahasiswa teknik tingkat akhir dari berbagai kampus dengan program "Distance Learning" dan  mobil pelatihan juga disiapkan untuk proses sertifikasi. "Jadi begitu nanti mahasiswa itu diwisuda, bisa langsung kerja karena sudah memiliki sertifikat tenaga ahli. Tidak perlu lagi menunggu ada pengalaman kerja," kata Abdul Kosim.

Sementara Pj Gubsu Eko Subowo yang diwakili Alfi Syahriza Harahap mengatakan, beberapa kasus kecelakaan proyek yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia dalam beberapa tahun ini menjadi pelajaran betapa pentingnya tenaga ahli pelaksana konstruksi maupun konsultan perencana dan pengawas. 

Sebagai pembina masyarakat jasa konstruksi, Pemprovsu kata Alfi Harahap menyambut kehadiran asosiasi baru yaitu Apkindo dan Itaki sebagai mitra baru untuk membantu program pembangunan di Sumut.

Sementara itu Ketua Umum DPN Apkindo Heber Lolo Simbolon sekaligus Ketum DPN Itaki menyerukan kepada para pengurus yang dilantik untuk segera mengonsolidasi organisasi. Kemudian melengkapi seluruh  administrasi untuk persyaratan validasi dan verifikasi  LPJK  agar bisa secepatnya melakukan sertifikasi perusahaan atau badan usaha (BU) serta tenaga ahli dan tenaga terampil. Heber juga menyebut kehadiran Apkindo dan Itaki di Sumut adalah untuk membantu pemerintah sebagai mitra untuk membangun infrastruktur. 

Ia juga menyebut, ahli konstruksi  juga harus "bermartabat" sesuai visi-misi gubernur Sumut terpilih Edi Rahmayadi-Rajeksyah. "Jangan di anggaran hanya gaji tukang  yang dihitung, sedangkan anggaran untuk ahli konstruksi tidak ada. Padahal kualitas proyek sangat ditentukan ahli katanya.

Heber Lolo Simbolon juga meminta DPP Apkindo dan Itaki Sumut untuk menjadi mitra Pemprovsu untuk melaksanakan pembangunan. Tapi dia mengimbau agar pengusaha dan tenaga ahli anggota Apkindo dan Itaki harus meningkatkan profesionalisme, sehingga jangan sampai mengemis proyek-proyek terutama proyek penunjukan langsung (PL) alias tanpa tender.

Sebelumnya, DPW Apkindo Sumut yang dilantik hari itu terdiri dari  Ketua Umum Drs Proklamasi K Naibaho, Wakil Ketua Yansen Sihombing ST dan Riyan Muharram, Sekretaris Umum Dismon Simbolon SKom, Wakil Sekretaris Suhuldo Nainggolan dan Bendahara Umum Conrad Naibaho SE. 

Selanjutnya DPW Itaki Sumut yang dilantik bersamaan terdiri dari Ketua Umum Dismon Simbolon SKom, Wakil Ketua Freddi Sihombing ST dan Suhuldo Nainggolan, Sekretaris Umum Conrad Naibaho SE, Wakil Sekretaris Novita Sitorus Pane SH, SPd, Bendahara Umum Livia Anggreni Tarigan dan Wakil Bendahara John Hotner A Pangaribuan

Saat melantik pengurus kedua  asosiasi itu, Ketua Umum DPN Heber Lolo Simbolon ST, MSc didampingi Sekjen Teuku Abdul Hanan dan Wakil Sekjen Dermawati Simanjuntak SE.

Sementara itu Ketua DPP Apkindo Sumut Proklamasi K Naibaho menyampaikan pihaknya siap menjadi mitra Pemprovsu maupun Pemkab/Pemko di Sumut untuk melaksanakan program-program pembangunan infrastruktur guna menciptakan Sumut yang bermartabat.

Usai acara pelantikan, dilanjutkan dengan pembekalan kepada seluruh pengurus tentang aturan dan perundang-undangan tentang dunia jasa konstruksi.(R15/R7/c)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments