Jumat, 06 Des 2019

Kapolri: Masalah Pilkada Tanggung Jawab Polri

Jumat, 30 Oktober 2015 09:56 WIB
Medan (SIB)- Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti mengakui, masalah dan proses pengamanan Pilkada serentak merupakan tanggung Jawab Polri. Untuk itu personil Polri bertindak profesional dan mengemban tugas itu dengan penuh tanggung jawab. Ketegasan itu disebutkan Kapolri dalam Apel Luar Biasa kesiapan pengamanan Pilkada serentak di Mako Bimob Poldasu, Rabu (28/10).

Dikatakan, dalam pelaksanaan proses Pilkada, Polri diperintahkan untuk selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, demi terwujudnya proses tahapan Pilkada serentak yang aman dan tenteram serta tetap terjaga situasi yang kondusif. Diakui, ia bangga melihat persiapan personil Poldasu untuk pengamanan Pilkada serentak. Ia menilai, personil Poldasu akan mampu memberikan pengamanan maksimal pada tahapan Pilkada serentak nantinya.

Ditambahkan, personil yang telah disiapkan sudah berlatih secara terus-menerus dalam meningkatkan kemampuan pengamanan Pilkada di Sumut. Ia telah mendapat gambaran lengkap terkait peralatan yang dimiliki Poldasu untuk membantu proses pengamanan nantinya. Selain itu, disebutkan Poldasu hingga saat ini juga masih mengelola situasi Kamtibmas dengan baik. Dinyatakan, tugas Polri dalam pengamanan Pilkada cukup berat, baik tantangan menghadapi dinamika soial di masyarakat yang terus berkembang, sejalan perkembangan ilmu dan teknologi agenda-agenda ke depan selain Pilkada.

Untuk mempersiapkan pengamanan nanti, pihaknya telah melakukan sejumlah operasi, termasuk operasi Lilin 2015 yang masih berlangsung, termasuk ancaman-ancaman berisko  tinggi terutama teroris dan radikalisme. Diharapkan, seluruh jajaran baik fungsi operasional dan pembinaan kesiapannya, dapat menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh dalam rangka mengamankan Pilkada ke depan, dengan meminimalisir berbagai riak-riak menjelang Pilkada.

"Ancaman teroris masih membayangi kita semua. Demikian juga, konflik sosial setiap saat bisa berkembang menjadi konflik terbuka. Tahapan Pilkada sudah berjalan, diharapkan terus dilakukan evaluasi sehingga persiapan Poldasu nantinya harus optimal," tambahnya.

Dijabarkan, sejumlah kemungkinan terburuk dapat terjadi setiap saat. Diharapkan, hal itu tidak berkembang menjadi faktor pemicu yang bisa mengganggu Pilkada. Untuk itu, ia memerintahkan jajarannya meningkatkan operasi-operasi kegiatan di masyarakat, baik siang dan malam hari. Diyakini, personil Polri yang telah terlatih dapat meminimalisir faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi situasi keamanan nantinya.

Sebelumnya, Kapolri mengadakan rapat tertutup dengan Kapoldasu dan pejabat utama Poldasu beserta Kapolres seluruh Sumut. Kepada wartawan, Selasa (27/10), Kabid Humas Poldasu Kombes Polb Helfi Assegaf menyebutkan, kunjungan Kapolri dalam rangka menerima paparan Karoops  tentang kesiapan personil pengamanan Pilkada serentak di seluruh jajaran Poldasu.

"Selain itu, Kapolri juga memberikan arahan kepada seluruh pejabat utama Polda dan para Kapolres, dalam pengamanan Pilkada serentak," jelasnya. (A19/y)


T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments