Sabtu, 08 Agu 2020

Kajati Amir Yanto Lantik 3 Asisten dan 5 Kajari di Sumut

* Didik Suhardi Jadi Aswas, Mangasi Situmeang
redaksisib Rabu, 15 Januari 2020 12:34 WIB
SIB/Penkum Kejatisu
LANTIK: Kajati Amir Yanto menyematkan tanda jabatan kepada Herrus Batubara usai dilantik sebagai Kajari Pematangsiantar, serta kepada 4 Kajari lainnya di sebelahnya yang juga ikut dilantik Selasa (14/1), di Aula Kejatisu.
Medan (SIB)
Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajati Sumut) Dr Amir Yanto SH MM MH melantik 3 orang untuk jabatan Asisten dan 5 orang untuk jabatan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), di Aula Lt 3 Gedung Kejatisu Jalan AH Nasution (Jl Karya Jasa) Medan Johor, Selasa (14/1).

Acara pelantikan yang dilanjutkan dengan serah terima jabatan (Sertijab) itu disaksikan para asisten bidang lainnya, Kabag TU, para Kajari, para Koordinator dan para Kasi serta ibu-ibu IAD (Ikatan Adhyaksa Dharmakharini) Wilayah Sumatera Utara. Demikian diinformasikan Kasipenkum Kejatisu Sumanggar Siagian.

Mereka yang dilantik yaitu Didik Suhardi SH MH menjadi Asisten Bidang Pengawasan (Aswas) menggantikan Firdaus SH MH yang promosi ke eselon II sebagai Jaksa Koordinator di Kejagung RI. Didik Suhardi sebelumnya Kasubdit Pengamanan Pembangunan Infrastruktur Energi, Sumber Daya Alam dan Iptek pada Direktorat Pengamanan Pembangunan Strategis Jamintel Kejagung RI,dan beberapa tahun lalu pernah menjabat sebagai Kajari Kisaran.

Mangasi Situmeang SH LLM yang sebelumnya Kepala Bidang Kerjasama dan Pengembangan pada Pusat Penelitian dan Pengembangan pada Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung RI dilantik jadi Asdatun (Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara) menggantikan Hermanto yang promosi jadi Jaksa Kordinatore pada Kejagung. Mangasi Situmeang beberapa tahun lalu juga pernah Kajari Tarutung. Lalu Agus Sahat Sampe Tua Lumban Gaol SH MH yang sebelumnya Kajari Pontianak Kalbar dilantik jadi Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) menggantikan Irwan Sinuraya yang memasuki persiapan pensiun (Jaksa Fungsional).

Kemudian 5 Kajari yang dilantik yaitu Herrus Batubara dari Aspidum Kejati NTB di Mataram menjadi Kajari Pematangsiantar, Ikeu Bachtiar yang sebelumnya Kajari Padang Lawas menjadi Kajari Belawan menggantikan Haryono yang dimutasi ke Kejagung, Kristanti Yuni Purnawanti SH MH yang sebelumnya Koordinator Kejati Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi Kajari Padang Lawas. Selanjutnya Mustaqpirin dari Jaksa Koordinator Kejati Banten menjadi Kajari Tebing Tinggi menggantikan Mochamad Novel SH MH dimutasi jadi Koordinator pada Kejati Banten di Serang. Selanjutnya Teguh Wardoyo yang sebelumnya Kabid pada Biro Kepegawaian Jambin Kejagung dilantik menjadi Kajari Deliserdang menggantikan Harli Siregar yang promosi jadi Aspidum Kejati Sumsel.

Kajati Sumut Amir Yanto dalam sambutannya, memerintahkan kepada seluruh jajaran kejaksaan di Sumut agar melaksanakan arahan Jaksa Agung. Adapun ke-7 point arahan tersebut antara lain, segera lakukan identifikasi, analisa, dan formulasikan solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan hukum di daerah penugasan masing-masing. Wujudkan penegakan hukum dengan tidak hanya berpijak pada aturan hukum positif, tetapi dalam hal terttentu perlu juga mempertimbangkan nilai-nilai keadilan yang berkembang di tengah masyarakat dengan memperhatikan tatanan dan kearifan lokal.

Kemudian ciptakan penegakan hukum bagi para pelaku usaha untuk menjalankan bisnis dan investasinya dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi serta menumbuhkan solidaritas dalam ikatan "jaksa yang tidak dapat dipisah-pisahkan.

Kajati Sumut juga mengingatkan para Kajari agar senantiasa mengawal dan menjaga proses Pilkada 2020 pada setiap tahapannya, melalui upaya penegakan hukum yang tidak memihak, tidak diskriminatif, serta bebas dari anasir dan muatan yang didasari pada kepentingan pribadi maupun golongan tertentu. (BR1/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments