Sabtu, 26 Sep 2020
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • KPU Sergai Gelar Sosialisasi Tahapan Pencalonan Dalam Pemilihan Bupati dan Wabup Sergai

KPU Sergai Gelar Sosialisasi Tahapan Pencalonan Dalam Pemilihan Bupati dan Wabup Sergai

Sabtu, 15 Agustus 2020 12:42 WIB
Foto SIB/Rimpun H Sihombing

SOSIALISASI : Ketua KPU Sergai Erdian Wirajaya membuka sosialisasi tahapan, program dan jadwal PKPU 6 tahun 2020 pencalonan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Sergai tahun 2020, Jumat (14/8).

Sergai (SIB)
Komisi Penilihan Umum (KPU) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) menggelar sosialisasi tahapan, program dan jadwal PKPU 6 Tahun 2020 tentang pencalonan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Sergai tahun 2020, yang dihadiri perwakilan Forkopimda dan perwakilan partai politik se-Sergai, Jumat (14/8) di Aula Wing Hotel Kualanamu, Deliserdang.

Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin menyampaikan dalam kegiatan sosialisasi ini, ada beberapa hal yang perlu disampaikan antara lain, terkait dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di masa pandemi Covid-19.

Misalnya pada saat pendaftaran, jelasnya, partai politik atau gabungan partai politik tidak bisa lagi membawa massa dalam jumlah yang banyak, karena ada pembatasan, ada pengaturan jarak antara satu individu dengan individu yang lain. Hal ini harus disampaikan supaya nanti pada saat pendaftaran, tidak terjadi kesalahpahaman antara KPU dengan pasangan calon maupun dengan partai politik atau gabungan partai politik pengusung pasangan calon.

Selain itu, juga akan disampaikan terkait PKPU tentang pencalonan. Misalnya yang berkaitan dengan masa pencalonan, masa pendaftaran, kemudian masa penetapan pasangan calon dan waktu pengambilan nomor urut. "Penting ini untuk kami sampaikan, supaya nanti pada saat pendaftaran, partai politik sudah membawa berkas sesuai dengan peraturan perundang-undangan," jelasnya.

Dia juga mengingatkan partai poliltik ataupun gabungan partai politik agar pada saat pendaftaran pasangan calon nanti, tidak datang ke KPU ataupun ke tempat yang telah ditentukan KPU untuk mendaftarkan pasangan calon di waktu terakhir masa pendaftaran.

"Pendaftaran pasangan calon hendaknya dilakukan di awal masa pendaftaran, jika ada kekurangan masih bisa dilakukan perbaikan.
Ini penting kami sampaikan kepada partai politik ataupun gabungan partai politik yang akan mengusung pasangan calon pada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Sergai," tegas Herdensi Adnin.

Sementara itu Ketua KPU Sergai Erdian Wirajaya mengatakan di masa pandemi Covid-19, pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana nasional Covid-19, sehingga seluruh tahapan mengacu protokol kesehatan.

"Untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sergai, hasil estimasi ada sebanyak 1481 TPS yang tersebar di 17 kecamatan di 243 desa dan kelurahan. Sedangkan data pemilih potensial berdasarkan DP4 sebanyak 523.786 jiwa yang tengah dilakukan pencoklitan oleh 1841 petugas PPDP," jelas Erdian Wirajaya.

Sebelumnya Sekretaris KPU Sergai, Darma Eka Subakti dalam laporan panitia menyampaikan sosialisasi diikuti 38 orang peserta terdiri dari unsur Forkopimda Sergai, Bawaslu Sergai, Ketua ataupun perwakilan partai politik se Sergai serta tokoh masyarakat. (T06/c)

T#gs Dalam PemilihanGelar SosialisasiKPU SergaiPencalonan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments