Sabtu, 23 Mar 2019

KPU Deliserdang Layani Pindah Memilih Hingga 17 Maret

admin Jumat, 15 Maret 2019 11:30 WIB
KPU Deliserdang
Lubukpakam (SIB) -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deliserdang melayani pemilih yang tidak dapat melaksanakan hak pilihnya di daerah asal (pindah memilih-red) pada Pemilu 2019, hingga 17 Maret 2019. Pindah memilih itu dapat dilayani apabila Pemilih tersebut sebelumnya sudah sudah terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap) di daerah asalnya, baik antar Kecamatan maupun antar Kabupaten hingga pindah memilih ke luar negeri.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Deliserdang Divisi Teknis Penyelenggara Lisbon Situmorang kepada SIB, Kamis (14/3) di Kantor KPU Deliserdang. Dijelaskan, warga pemilih yang pindah memilih akan mendapat form A5, yang akan diserahkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) tujuan tempat memilih.

Jika pindah memilih antar Desa maupun Kecamatan, bisa memeroleh A5 di PPS, namun jika pindah memilih antar Kecamatan, Provinsi hingga luar negeri, bisa mendapat A5 dari KPU tujuan.

Jika perpindahan antar Kecamatan yang mengakibatkan perbedaan Dapil (Daerah Pemilihan) terang Lisbon, pemilih pindahan tidak bisa memperoleh surat suara untuk DPRD Kabupaten. Selanjutnya perpindahan itu mengakibatkan perbedaan Dapil untuk DPR RI dan DPD, pemilih yang memeroleh A5 tidak bisa memeroleh surat suara DPR RI maupun DPD.

"Yang jelas untuk pemilihan Presiden dan wakil Presiden adalah Dapil Nasional, sehingga perpindahan antar Provinsi pun tetap mendapatkan hak untuk surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden," papar Lisbon.

Lisbon menyebut, pengurusan pindah memilih itu terakhir hingga 17 Maret 2019. Karena pihak penyelenggara harus bisa memastikan logistik surat suara ke daerah tujuan memilih bisa tersedia. (C06/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments