Selasa, 22 Sep 2020

Jumlah Penduduk Sumut Versi BPS Berbeda Dibandingkan Disdukcapil

Lewat SP 2020 Tidak Lagi Ditemuan Data Penduduk Ganda
redaksi Jumat, 29 November 2019 10:46 WIB
medialokal.co
Ilustrasi jumlah penduduk
Medan (SIB)
BPS (Badan Pusat Statistik) Provinsi Sumatera Utara menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan SP (Sensus Penduduk) Tahun 2020 .

Sensus atau mendata penduduk sangat penting sehingga tidak lagi ada ke depannya data penduduk ganda.
Hal tersebut diungkapkan Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi dalam workshop wartawan "Penguatan Publisitas SP 2020" di Pancurgading Delitua, Kamis (28/11).

Disebutnya, pada pembukaan Sensus Penduduk 2020 masyarakat Sumut akan menerima SMS Blast, yang akan dikirim ke semua nomor ponsel yang akan mengingatkan masyarakat untuk mengisi Sensus Penduduk 2020 (SP2020) secara online.
Dalam SMS tersebut masyarakat akan diingatkan melalui link yang dilampirkan dalam SMS tersebut dan akan diarahkan untuk mengisi data kunci pertamanya yakni dengan mengisi Nomor Induk Kartu Tanda Pengenal (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) .

"SMS blast ini akan dikirim pada saat sensus online tanggal 15 Februari 2020. Jadi kita akan menerima SMS tersebut," kata Syech.
Disebut, nantinya akan ada 21 pertanyaan mulai dari nama lengkap, NIK, alamat, lama tinggal (pada alamat saat ini), jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, kewarganegaraan, suku bangsa, agama, bahasa yang digunakan, status hubungan dengan kepala keluarga. Kemudian status pendidikan, aktivitas yang biasa dilakukan, pekerjaan, status kepemilikan rumah, listrik, sumber air, kepemilikan jamban, jenis lantai terluas.

Pertanyaan kepemilikan jamban,sebut Syech ,dimaksud guna mengetahui tingkat kesehatan masyarakat.
" Tentunya masyarakat tidak perlu khawatir mengenai pendataan ini", katanya.
Suhaimi menambahkan, di SP ini pihaknya akan memanfaatkan data kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai titik awal menuju satu data yang selama ini ada perbedaan.

Berdasarkan data Diskucapil ada perbedaan jumlah penduduk Sumut saat ini sebanyak 14,6 juta jiwa. Sementara data BPS berdasarkan Sensus Penduduk 2010 jumlah penduduk Sumut mencapai 14,2 juta jiwa. "Jadi selisih jumlah ini akan disurvei lagi" ujar Syech.

Dia juga menyinggung bahwa tahun 2021 nanti BPS Sumut juga akan menggelar Sensus Sampel, sensus ini tidak pada seluruh warga negara pertanyaannya juga lebih banyak yakni ada 82 pertanyaan. (M2/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments