Senin, 10 Agu 2020
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Jembatan Sarilaba Jahe Ancam Keselamatan Pengendara, Kadis PUPR: Akan Dibangun yang Baru

Jembatan Sarilaba Jahe Ancam Keselamatan Pengendara, Kadis PUPR: Akan Dibangun yang Baru

Selasa, 07 Juli 2020 11:15 WIB
Foto Dok/S Sembiring

MEMPRIHATINKAN: Jembatan di Desa Sarilaba Jahe, Kecamatan Birubiru kondisinya sudah memprihatinkan yang kalau dibiarkan akan mengancam pengendara saat melintas. Foto dipetik, Senin (6/7). 

Birubiru (SIB)
Jembatan di Desa Sarilaba Jahe, Kecamatan Birubiru, Kabupaten Deliserdang kondisinya sudah sangat memprihatikan. Apabila dibiarkan berlarut-larut maka akan mengancam keselamatan pengendara saat melintas.

Pantauan wartawan di lokasi, Senin (6/7), kondisi lantai jembatan kini sudah rusak alias berlubang. Hal itu diduga akibat lantai jembatan yang terbuat dari besi beberapa bagian sudah bengkok dan patah. Kemudian, galangan besi sebagai penyangga lantai serta dinding jembatan juga terlihat sudah berkarat karena termakan usia.

Tampak para pengendara saat melintas jembatan penghubung ibukota kecamatan dengan Desa Sarilaba Jahe, Periaria, Penen dan Desa Mardingding Julu tersebut ekstra hati-hati. Sebab selain harus mengelakkan lubang pada badan jembatan, pengendara juga harus ekstra hati-hati karena landasan jembatan jauh lebih rendah dari badan jalan aspal yang terdapat di kedua ujung jembatan.

"Kalau malam hari, pengendara sepedamotor sering terperosok di sini. Tapi memang belum ada mengambil korban jiwa. Soalnya di sepanjang jembatan ini tidak ada dipasang lampu penerangan," kata Sembiring (45), salah seorang warga saat melintas.

Ia pun mendesak Pemkab Deli Serdang melalui Dinas PUPR segera mungkin untuk memperbaikinya sebelum ada korban jiwa. Mengingat jembatan tersebut sepertinya usianya sudah uzur, sehingga sudah sangat layak untuk direnovasi atau dibangun jembatan yang baru.

Terpisah Kadis PUPR Deliserdang, Heriansyah Siregar ST MT saat dikonfirmasi membenarkan bahwa jembatan dimaksud sudah memprihatinkan. "Iya memang sudah saya survei kondisinya sudah parah jembatan di Desa Sarilaba Jahe itu," katanya.

Heriansyah mengaku tahun ini sudah memasukkan dalam program untuk pembangunan jembatan yang baru. Jembatan yang baru dimaksud akan dibangun persis di samping jembatan yang sudah rusak saat ini.

"Sudah akan dimulai ditenderkan di PAPBD 2020. Pembangunan jembatan ini direncanakan anggaran tahun jamak atau multiyears anggaran. Segera akan kita tenderkan. Mohon bersabar kepada masyarakat yang melintas jembatan tersebut," pinta Heriansyah. (T05/p)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments