Kamis, 06 Agu 2020

Jelang Pilkada Medan, KPU Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

redaksisib Kamis, 04 Juni 2020 10:46 WIB
ASUMSI

Ilustrasi

Medan (SIB)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan akan melaksanakan tahapan Pilkada pada Desember 2020 sesuai dengan kesepakatan bersama dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Pemerintah, DPR RI, KPU, Bawaslu dan DKPP pada tanggal 27 Mei 2020.

Ketua KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik menjelaskan bahwa tahapan Pilkada 2020 nantinya dengan memperhatikan dan mematuhi syarat pemberlakuan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Menurut Agus, untuk persiapan awal, sementara ini pihaknya sedang melakukan inventarisasi dan pemetaan penambahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) akibat pengurangan jumlah pemilih.

"Kebutuhan penambahan logistik, honorarium panitia ad hoc (KPPS dan PPDP), pengadaan APD Covid-19 bagi penyelenggara, pemilih dan lainnya yang tentu akan berkonsekuensi menambah kebutuhan besaran anggaran Pilkada Medan ini juga sedang kita susun rancangannya," jelasnya kepada wartawan, Rabu (3/6).

Hal tersebut, lanjut Agus, nanti akan difinalisasikan setelah PKPU yang mengatur detail petunjuk teknisnya diterbitkan KPU RI termasuk langkah lanjutan pengusulannya. "Insya Allah dalam waktu dekat akan terbit," cetusnya.

Selain itu, dalam beberapa hari ke depan, KPU bersama Bawaslu Medan berencana akan melaksanakan rapat koordinasi awal dengan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Medan. "Hal ini untuk membahas penyesuaian antara pelaksanaan tahapan Pilkada dengan regulasi/SOP penanganan Covid-19 yang berlaku," pungkas Agus.

Mengenai kebijakan kebutuhan penambahan anggaran Pilkada apakah bersumber dari APBD atau APBN, Agus menyatakan pihaknya masih menunggu keputusan hasil rapat kerja lanjutan antara Pemerintah dan DPR.(M14/c)
T#gs COVID-19covid 19KPUPilkada MedanProtokol Kesehatan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments