Jumat, 15 Nov 2019
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Jelang Idul Fitri, BB POM Minta Distributor dan Pengecer Tidak Edarkan Obat dan Makanan Bermasalah

Jelang Idul Fitri, BB POM Minta Distributor dan Pengecer Tidak Edarkan Obat dan Makanan Bermasalah

Rabu, 10 Juni 2015 11:08 WIB
Medan (SIB)- Menjelang perayaan hari besar keagamaan Hari Raya Idul Fitri,  Kepala Balai Besar POM Medan Drs M Ali Bata Harahap Apt ,MKes  mengklaim pihaknya melaksanakan intensifikasi pengawasan obat dan makanan dalam rangka melindungi masyarakat, khususnya Sumut dari peredaran obat dan makanan yang  bermasalah atau tidak memenuhi persyaratan keamanan dan mutu.

“Selain intensifikasi pengawasan BB POM Medan juga telah mengeluarkan  edaran kepada distributor, importir, swalayan, hypermarket, supermarket, toko dan pedagang eceran ,agar melakukan pengawasan secara internal yang lebih ketat”, katanya menjawab SIB, Selasa (9/6) di Medan.

Untuk dilarang  menjual, mendistribusikan dan mengedarkan produk tanpa ijin edar (TIE), produk kadaluarsa, produk yang termasuk dalam "publik warning" , produk yang telah dibatalkan nomor ijin edarnya atau ditarik dari peredaran ,produk yang mengandung bahan kimia obat atau bahan nerbahaya, produlk kemasan rusak dan produk label tanpa Bahasa Indonesia. Juga dilarang mengganti label kaduarsa dan tidak menjual parsel yang tidak memenuhi ketentuan, produk mengandung babi dan minuman beralkohol.

“Bila melanggar ketentuan di atas akan dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku”, ujarnya.

Lebih lanjut, Ali Bata mengajak masyarakat agar menjadi konsumen yang bijak, dan terlebih dulu meneliti produk yang akan dibeli dan jangan tergiur dengan penawaran harga murah namun tidak menjamin kesehatan. (A05/c)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments