Rabu, 23 Okt 2019
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Jelang Akhir Tahun, Kasi Pidum Kejari Medan Evaluasi Pengamanan Tahanan di Pengadilan

Jelang Akhir Tahun, Kasi Pidum Kejari Medan Evaluasi Pengamanan Tahanan di Pengadilan

Jumat, 08 Desember 2017 11:07 WIB
Medan (SIB) -Menjelang akhir tahun 2017, evaluasi pengamanan terus ditingkatkan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan. Dalam mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Medan Parada Situmorang mengunjungi sel tahanan sementara pada Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (29/11).

Kunjungan sekaligus pemberian arahan kepada para pengawal tahanan (waltah) yang bertugas di PN Medan itu dimaksudkan agar penertiban para pengunjung sidang dapat terlaksana. "Kedatangan kita hanyalah mengevaluasi cara memasukkan tahanan dari mobil tahanan yang dibawa dari Rutan Tanjunggusta Medan untuk disidangkan. Bagaimana agar para pengunjung tertib melihat tahanan yang hendak dijenguknya bersidang," ucap Parada di PN Medan.

Menurut Parada, dinamika di penghujung tahun, biasanya tingkat kerawanan selalu ada yang terjadi pada tahanan di pengadilan yang hendak sidang. "Ini kan sudah di penghujung tahun, biasanya ada tahanan yang sudah gak sabar untuk bertahun baru bersama keluarganya, sehingga cara-cara apapun mereka mau saja melakukan hingga cara yang kita takutkan yakni melarikan diri. Untuk itulah kita sedang evaluasi dan antisipasi hal-hal yang tak diinginkan," jelas mantan Kasi Pidsus Kejari Balige itu.

Pantauan wartawan, sesampai para tahanan menggunakan 4 mobil tahanan Kejari Medan di PN Medan dan petugas waltah langsung memasukkan ke sel tahanan sementara di PN Medan, Parada langsung mengumpulkan para waltah yang sedang bertugas berikut petugas kepolisian yang juga melakukan pengamanan setiap harinya di PN Medan. Parada menginstruksikan agar para pengunjung tidak diperbolehkan lagi masuk menjenguk tahanan ke ruang tahanan sementara. Selain itu, apabila pengunjung hendak menitipkan makanan yang dibawa, para petugas waltah diharuskan memeriksa makanan tersebut sebelum diberikan kepada tahanan yang dituju.

Di hadapan para waltah, pria yang baru menjabat satu bulan sebagai Kasi Pidum di Kejari Medan ini, mempersilahkan wartawan memotret apabila ada keluarga tahanan atau pengunjung masuk ke ruang tahanan sementara. "Jadi kalau ada wartawan yang memotret atau memberitakan, silahkan. Itu memang tugas mereka. Saya minta laporan kondisi situasi ruang tahanan dilaporkan kepada saya tiap satu jam," tegasnya kepada para waltah di hadapan wartawan yang melakukan peliputan. (A14/q)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments