Senin, 22 Jul 2019

Jaringan Telekomunikasi Siap Layani Mudik dan Idul Fitri di Medan

Sabtu, 17 Juni 2017 18:07 WIB
Medan (SIB)- Jelang Idul Fitri 1438 H, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) memastikan jaringan operator telekomunikasi seperti Telkom, Telkomsel, Indosat, XL, Hutchison 3 Indonesia (Tri), Smart Telecom dan Sampoerna Telkom Indonesia (N1) siap melayani masyarakat dalam mengantisipasi potensi peningkatan serta pergerakan trafik, khususnya selama arus mudik hari raya dan arus balik lebaran. Hal ini dikatakan Muhammad Imam Nashiruddin kepada SIB pada jumpa pers BRTI di Medan, Jumat (16/6).

Dikatakannya, pengujian kesiapan jaringan telekomunikasi dilaksanakan sepanjang Mei 2017 lalu serentak di 10 kota di Indonesia meliputi Jakarta, Batam, Balikpapan, Semarang, Lampung, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar, Padang dan empat tahap pengujian jaringan telekomunikasi seluler dilakukan, yaitu uji kualitas layanan telepon, kualitas layanan SMS, kualitas layanan Mobile Internet dan kualitas cakupan mobilitas.

"Dari hasil uji petik tersebut, secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik sekali sehingga jaringan telekomunikasi seluler di Medan dan sekitarnya dinyatakan siap melayani arus mudik lebaran dan arus balik tahun 2017. Namun demikian, operator seluler diminta untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan sinyal seluler atau cakupan mobilitas khususnya jaringan internet karena akan sangat dibutuhkan masyarakat," ujarnya.

Ditambahkannya, ini kegiatan rutin dalam rangka paparan publik mengenai evaluasi kesiapan operator dan antisipasi yang perlu dilakukan setiap jaringan telekomuniaksi untuk mampu menampung kapasitas dan melayani mobilitas masyarakat Indonesia khususnya Sumut yang akan mudik, karena adanya potensi peningkatan dan pergerakan trafik.

"Medan diperkirakan akan menjadi salah satu titik utama kedatangan mudik nasional karena cukup banyak warga Medan yang tinggal di kota dan pulau lain," katanya.

Lanjutnya, untuk memastikan kesiapan fasilitas pendukung mudik BRTI melakukan kunjungan ke operator seluler dan operator telekomunikasi lainnya untuk melakukan pengecekan fasilitas-fasilitas.

"Kunjungan ke kantor Regional Tri Sumbagut jadi salah satu rangkaian aktivitas pengecekan fasilitas pendukung mudik. Pada kesempatan itu pula Tri memaparkan kesiapan jaringan, layanan pelanggan dan ketersediaan produk seperti isi ulang dan kartu perdana untuk kemudahan dan kenyamanan layanan telekomunikasi jelang lebaran," katanya.

Ia berharap melalui jaringan maupun fasilitas pendukung tersebut, diharapkan performansi jaringan dapat terpantau dengan baik sehingga para operator mampu melayani pelanggan dengan tetap memenuhi kriteria yang dipersyaratkan. (A-21/q)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments