Minggu, 09 Agu 2020

Jalan Jamin Ginting Menghubungkan Medan-Berastagi Kupak - kapik

* LAPK Sumut: Pemprovsu dan Legislatif Jangan Cuek
admin Senin, 11 Maret 2019 11:22 WIB
SIB/Leo Bukit
KUPAK KAPIK: Beginilah kondisi badan Jalan Jamin Ginting yang tampak kupak- kapik dibeberapa lokasi seperti difoto, Jumat (8/3).
Pancurbatu (SIB) -Kondisi badan Jalan Jamin Ginting yang merupakan jalan utama Medan-Berastagi tampak kupak-kapik. Kerusakan parah mulai dari Km 14,5, Kecamatan Pancurbatu hingga Km 33 Desa Sembahe, Kecamatan Sibolangit. Bahkan jalan bergelombang sangat dirasakan saat melintasi Pajak Pancurbatu, sehingga pengendara memerlambat kendaraan.

Pantauan wartawan, badan jalan nasional ini pernah dilakukan penambalan tetapi daya tahannya tidak berlangsung lama karena dan jalanan kembali berlobang-lobang.

Kerusakan jalan ini mendapat sorotan Sekretaris Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK) Sumut Padian Adi S Siregar. Ia mengatakan, kerusakan jalan Medan-Berastagi merupakan praktik maladministrasi dalam pelayanan publik.

"Ini jelas melanggar hak asasi warga untuk mendapatkan infrastruktur yang layak. Apalagi warga membayar pajak yang sebagian besar diantaranya menjadi APBD atau APBN," kata Padian kepada wartawan, Jumat (8/3).

Sistem pelayanan administrasi dan fungsi pengawasan antara Pemprovsu dan pemerintah pusat, dinilai seperti mati suri. Padahal, fungsi jalan Medan-Berastagi itu sangat vital untuk distribusi kebutuhan sayur serta kebutuhan lain dari Tanah Karo ke wilayah Kota Medan dan sekitarnya.

Kementerian PUPR dalam hal ini Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) dinilai lambat merespon keluhan pengguna jalan. Pemprovsu juga tidak ada upaya untuk mendorong percepatan perbaikan jalan tersebut.

Menurut Padian, kondisi jalan nasional masih ada yang memprihatinkan dan lambat perbaikannya dikarenakan pemerintah daerah cuek dan tidak punya inisiatif untuk mendorong Kementerian PUPR melakukan perbaikan.

"Setali tiga uang, yang punya peran penting adalah legislatif mulai DPRD Sumut hingga anggota DPR RI dari Dapil Sumut agar mengingatkan pemerintah melakukan perbaikan, karena fungsinya sangat vital untuk mendistribusikan hasil pertanian dari Tanah Karo ke Kota Medan hingga daerah lain," ujarnya.

Pemerintah harus segera memerbaiki jalan Medan-Berastagi. "Kondisi jalan yang rusak dapat menimbulkan kerugian karena memerlambat distribusi sayur ke Kota Medan dan sekitarnya," ungkap Padian.

Sedangkan Kanit Lantas Polsek Pancurbatu Iptu Sehat Sinulingga menyebutkan sedikitnya ada dua lokasi jalan berlubang yang cukup parah sehingga mengganggu arus lalulintas yaitu di Km 14,5 dan Km 28 Desa Bintangmeriah, Kecamatan Pancurbatu.

"Selebihnya juga ada jalan berlubang yang perlu diperhatikan sama pengendara sepeda motor. Akan tetapi tidak separah di dua titik lokasi yang saya sebutkan tadi," ujarnya. (A17/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments