Rabu, 27 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran

Inovasi Dinkes Sergai "Simanja Bikin Gemes" Diapresiasi Menkes Nila Moeloek

Minggu, 11 November 2018 10:37 WIB
SIB/Dok
PAPARKAN : Kadinkes Sergai Bulan Simanungkalit didampingi Kepala Puskesmas Tanjungberingin Rina Manurung saat memaparkan berbagai program inovasi kesehatan kepada Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek, Kamis (8/11) di Indonesia Convention Exhibition Kabupate
Sergai (SIB)- Guna menyambut peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-54 mendatang, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mengundang Dinas Kesehatan (Dinkes) Serdangbedagai (Sergai) untuk mengikuti pembukaan Pameran Pembangunan dan Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri 2018, yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition Kabupaten Tangerang Banten, Kamis (8/11).

Demikian diutarakan Kadinkes Sergai dr Bulan Simanungkalit MKes melalui pesan singkat WhatsApp kepada wartawan, Jumat (9/11).

Acara yang mengusung tema "Menuju Indonesia Sehat dengan Produk Dalam Negeri" itu bertujuan  menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diprakarsai Presiden RI Ir Jokowi. 

Dia juga menambahkan, Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang melibatkan seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat guna mencapai peningkatan kualitas hidup.

"Selain itu, Germas juga mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengenyampingkan upaya kuratif maupun rehabilitatif sehingga memasyarakatkan hidup sehat ke seluruh lapisan masyarakat dapat tercapai. Mari kita kampanyekan hidup sehat mulai dari diri kita sendiri maupun keluarga sejak dini dengan cara memberi edukasi atau informasi mengenai produk kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau," ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan bahwa pihaknya pada pameran tersebut akan menampilkan proyek inovasi tentang perubahan berupa Sistem Manajemen Notifikasi Kinerja (Simanja) dan Gerakan Empati Masyarakat Sakit (Gemas) yang disingkat "Simanja Bikin Gemas".

"Inovasi program itu merupakan wujud nyata menghadirkan negara di tengah masyarakat yang sudah menjadi tugas bersama pemerintah baik pusat, provinsi maupun kabupaten yang turut melibatkan lintas sektor, program dan masyarakat. Keseluruhan program itu ditampilkan Dinkes Sergai dalam bingkai "Rumah Inovasi", jelas Bulan Simanjuntak.

Mantan Kadinkes Gunungsitoli itu juga mengungkapkan kebahagiaannya atas apresiasi dan dukungan yang diutarakan Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Moeloek SpM dan Sekretariat Jenderal drg Oscar MPH usai melihat inovasi "Simanja bikin Gemas". Pihaknya juga menyampaikan kepada Menteri Kesehatan RI bahwa seluruh program itu tidak terlepas dari dukungan bupati dan wakil bupati serta segenap masyarakat Sergai.

"Sesuai visi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang unggul dan berkelanjutan, maka program pengembangan inovasi harus ditingkatkan karena mustahil masalah kesehatan dapat diatasi tanpa inovasi. Oleh karenanya, kami terus berupaya meningkatkan peran serta dan kemandirian masyarakat untuk mencapai hidup sehat," papar Bulan.

Sebagai informasi, selain program inovasi "Simanja bikin Gemas," Dinkes Sergai juga menampilkan berbagai program hasil karya dari Puskesmas yaitu Laskar Panji, "Komunitas Bunda Asi (Tasdasi)", "Kelas Ibu Menuju Sehat Sejahtera (Kasih Mesra)", "Makan Bersama Gizi Buruk dan Gizi Kurang (Mak Bersukur)", "Asuhan mandiri Penyehat Tradisional Accupreser dan Toga", "One Day TB" dan "Pojok Masyarakat sadar hipertensi (Pojok Massardi)". Dalam pameran tersebut juga, Dinkes Sergai meraih juara harapan 2 kategori stand terbaik se-Indonesia.(MRF/c)

T#gs
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments