Selasa, 19 Nov 2019

Inampa Mitra Strategis Pemerintah Ciptakan Keselamatan Maritim

Kamis, 22 November 2018 11:46 WIB
SIB/Dok
SEMATKAN PIN: Menhub Budi Karya menyematkan pin kepada President INAMPA Pasoroan Herman Harianja saat melantik pengurus INAMPA periode 2018-2023 di Jakarta, Kamis (15/11).
Medan (SIB) -Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta tenaga pandu menjalankan tugas dan kewajibannya memandu kapal dengan aman dan tepat sehingga dapat mendukung terciptanya keselamatan, keamanan dan kelancaran lalu lintas kapal serta perlindungan lingkungan maritim di perairan nusantara. 

Hal ini disampaikan President Inampa (Indonesia Maritime Pilots'Association) Pasoroan Herman Harianja dalam jumpa pers dengan jurnalis, Senin (19/11). 
Pasoroan menjelaskan bahwa pengurus Inampa masa bakti periode 2018-2023 sebelumnya telah dilantik oleh Menteri Perhubungan Budi Karya di Jakarta pada 15 November silam.

Herman lebih lanjut menjelaskan Menhub Budi meminta para pandu dalam menjalankan kegiatan pemanduan dan badan penyelenggara pemanduan yang mempekerjakan para pandu harus melaksanakan hak dan kewajibannya. "Menhub Budi meminta kepada teman-teman pandu untuk selalu mengutamakan safety dalam bertugas, sehingga mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan angkutan perairan dan pelabuhan. Ini guna mewujudkan zero accident," ujarnya.

Selain mengutamakan aspek keselamatan, Menhub Budi menegaskan bahwa tenaga pandu harus lebih berkarya dan mengembangkan diri untuk menjadi profesional di bidangnya. Menhub Budi berpesan agar asosiasi pandu dapat berkarya nyata dalam mewujudkan program-program yang bermanfaat bagi kepentingan dan pengembangan baik badan usaha, pengguna jasa maupun bangsa Indonesia. 

"Semoga dengan terbentuknya kepengurusan baru Inampa ini dapat menyumbang pemikiran positif dan mampu bersinergi dengan pemerintah, sehingga terwujud penyelenggaraan transportasi laut nasional yang efektif, efisien dan berdaya saing, serta memberikan nilai tambah," tutup Menhub Budi.

Herman mengucapkan terima-kasih kepada pemerintah yang terus membina dan mengembangkan Inampa. Dalam kesempatan itu, Herman mengatakan Inampa akan mengirim perwira pandu ke pelabuhan luar negeri yang ada di ASEAN, Afrika, Timur Tengah dan belahan bumi lainnya pada tahun 2019 untuk mengikuti ajang "The 2nd Asia Pasific Maritime Pilots Forum di Sidney 2019" dan "IMPA Congress 2020" di Meksiko.

 Dewan Pengurus Pusat periode 2018-2023 sebagai berikut President Inampa Pasoroan Herman Harianja, Capt Medi Kusmana MMar sebagai Sekjen dan Capt Suwarto Spel menjabat bendahara umum serta dibantu jajaran pengurus lainnya. (R16/h)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments