Rabu, 23 Okt 2019
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Ibu-ibu Bawa "Tandok" Meriahkan Pelepasan Pawai Ta'ruf MTQ dan FSQ di Deliserdang

Ibu-ibu Bawa "Tandok" Meriahkan Pelepasan Pawai Ta'ruf MTQ dan FSQ di Deliserdang

* 937 Peserta Bersaing dalam 16 Cabang Lomba
admin Rabu, 06 Maret 2019 10:52 WIB
SIB/Jekson Turnip
BAWA TANDOK: Sejumlah ibu-ibu bawa tandok lengkap kenakan pakaian adat Batak yang disapa Bupati Ashari dan istri, Wabup Zainuddin Mars dan istri, Kajari Deliserdang Harli Siregar, Dandim Letkol Syamsul Arifin serta lainnya dengan melambaikan tangan pada pelepasan pawai ta'aruf MTQ dan FSQ Deliserdang di Lubukpakam, Selasa (5/ 3).
Lubukpakam (SIB) -Bupati H Ashari Tambunan melepas pawai ta'aruf sekaligus membuka stand pameran Musabaqah Tilawatul Qur'an (MTQ) ke-52 dan Festifal Seni Qasidah (FSQ) ke-41 tingkat Kabupaten Deliserdang di Alun-alun Pemkab dan Lapangan KB, Lubukpakam, Selasa (5/3).

Pawai itu dimeriahkan penampilan masyarakat lintas suku dari 22 kecamatan di Deliserdang. Ibu-ibu membawa tandok (bakul tempat beras) yang mengenakan pakaian adat Batak Toba juga ikut dalam peserta pawai tersebut. Sebelumnya penampilam barisan etnis Jawa yang menampilkan Jaran Kepang lengkap dengan pakaian adatnya, juga penampilan etnis Karo, Simalungun, Melayu dan penampilan etnis suku lainnya.

Dari barisan pemuda terlihat Karang Taruna, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan lainnya. Ada juga penampilan kesenian tradisional serta atraksi drumband, yang ke semuanya terlihat sangat semangat tampil mulai dari Lapangan PU menuju Lapangan KB di Lubukpakam.

Pawai itu dilepas bupati didampingi Wabup H Zainuddin Mars, Ketua TP PKK Yunita Ashari, Ketua GOPTKI Asdiana Zainuddin, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, anggota DPRD Darwis Batubara, Dandim 0204/DS Letkol (Kav) Syamsul Arifin, Kajari Deliserdang Harli Siregar SH MHum, Sekdakab Darwin Zein, mewakili Danlamtamal I Belawan, para Asisten, pimpinan OPD, para camat, tokoh masyarakat dan para tokoh agama. Bupati menyapa para peserta pawai dengan melambaikan tangan.

Usai itu, Bupat Ashari dan rombongan lainnya menuju Lapangan KB yang merupakan lokasi MTQ dan FSQ untuk membuka dan meninjau stand pameran. Wagirin Arman terlihat menggunting pita sebelum memasuki stand-stand 22 kecamatan, stand OPD dan stand KPU Deliserdang. Dalam stand terlihat berbagai produk hasil kerajinan UKM serta hasil tanaman unggulan dari daerah dataran tinggi, dataran rendah maupun pesisir pantai.

Untuk upacara pembukaan MTQ dan FSQ dilaksanakan pada malam harinya pada pukul 20.00 WIB oleh Bupati Ashari. Dua kegiatan itu akan berlangsung hingga 9 Maret 2019. Sebanyak 937 orang terdaftar sebagai peserta MTQ dan FSQ, yang akan bersaing dalam 16 cabang yang diperlombakan.

Ketua Panitia acara, Dedi Maswardi berharap agar pelaksanaan MTQ dan FSQ bisa berjalan lancar hingga akhir. Disebut tim yang menilai adalah dewan hakim yang diambil sumpahnya dan dilantik pada malam pembukaan. Karena ini merupakan acara keagamaan sudah tentu pemenangnya adalah orang yang benar-benar memiliki kemampuan. Ia membenarkan Pemkab akan mengupayakan hadiah utama berupa perjalanan umroh.

Menurutnya, "Hadiah Umroh ini tidak dianggarkan sebenarnya tapi akan kita upayakan (hadiah umroh) itu. Sementara hadiah umroh untuk peserta dewasa putra dan putri serta Hafis Qur'an putra dan putri. Nanti kita akan diskusi lagi sama dewan juri siapa yang berhak (untuk berangkat). Hadiah itu untuk menambah semangat peserta, cuma ya memang tidak masuk dianggarkan," ujar Dedi yang juga merupakan Asisten I Pemkab.

Sementara itu anggota Sekretariat Panitia Penyelenggara, Ilyas menjelaskan pendaftaran MTQ dan FSQ sudah dibuka sejak 26 Februari hingga 1 Maret. Kecamatan yang paling banyak mengirimkan peserta MTQ adalah Tanjungmorawa dengan 56 orang peserta yang mengikuti semua cabang.

"Kalau untuk tuan rumah Kecamatan Lubukpakam mengirimkan peserta nomor dua paling banyak. Karena pesertanya hanya ada 50 orang, mereka tidak ikut di 6 cabang. Jadi memang tidak semua kecamatan ikuti cabang yang diperlombakan," kata Ilyas.(C06/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments